Jalur Ganda Jakarta Pekalongan Siap Digunakan

Pantai Utara – Surabaya yang masih menunggu penyelesaiannya dibeberapa titik pembangunan relnya. Sambil menunggu tuntas Jakarta – Pekalongan siap untuk digunakan.

Bambang Susanto, Wakil Menteri Perhubungan mengungkapkan saat ini telah mencapai 97%. Pada awal tahun 2014 nanti tepatnya pada triwulan pertama 2014 jalur ganda seluruhnya telah dapat digunakan mulai Jakarta hingga Surabaya dan sebaliknya.

“Pola operasi Jakarta-Pekalongan sudah tembus dan bisa dipakai pada natal dan tahun baru mendatang,” jelas Wamen kepada suaramerdeka.com.

Wamen menjelaskan bahwa beberapa titik yang masih dalam proses pengerjaan dan akan segera diselesaikan adalah sekitar 500 – 1 km diantara dekat Semarang ada tanah milik negara, lalu sebagai diwilayah antara Surabaya-Bojonegoro.

Dengan dapat dioperasikannya jalur ganda ini nanti akan diupayakan dapat digunakan untuk memindahkan satu juta kontainer dari jalan raya menjadi menggunakan api untuk mengurangi beban jalan raya.

“Sementara untuk angkutan barang dengan kereta yang panjang, maka persilangan untuk keretanya akan digunakan di -stasiun utama sehingga akan memudahkan,” ujar Wamen.

Sedangkan proyek di wilayah Sumatera difokuskan pada kota-kota yang telah berkembang. Proyek kereta di Sumataera atau Trans Sumatera Railway sudah mulai dilakukan saat ini.

“Dananya Rp 65 triliun untuk pengembangan berbasis kereta api sepanjang Aceh-Lampung dan semua dilakukan secara bertahap,” imbuh Wamen.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.