Jalur Ganda Jakarta Surabaya Beroperasi, Penumpang Bertambah 20%

– Pemerintah tengah giat untuk menyelesaikan . Salah satunya jalur ganda Jakarta – . Pemerintah menargetkan bahwa lajur ini akan selesai pada akhir tahun 2013. Konstruksinya telah selesai sekitar 80 %. Dengan adanya jalur ganda ini maka diperkirakan 20% pengguna angkutan darat akan berpindah memakai .

“Jakarta Surabaya kita targetkan selesai 31 Desember 2013, akhir tahun ini,”jelas Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susanto kepada detikfinance.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa angka 20% didapat dari survei yang dilakukan kepad 12ribu rumah tangga. Jika angka tersebut signifikan maka bisa dipastikan tingkat kecelakan angkutan darat dapat dkurangi.

Dari survei yang dilakukan, jika jalur ganda ini dioperasikan banyak rumah tangga yang menjawab cenderung untuk berpindah ke kereta api.

Pada saat musim ini, pemudik lebih memilih berpindah ke kereta api. Jika jalur ini dioperasikan makan jumlah akan naik menjadi 2 0 3 kali lipat. Apalagi pemudik rata – rata memiliki tujuan ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Bambang juga menjelaskan bahwa jalur ganda Jakarta Semarang yang targetnya akan selesai Lebaran ini harus mundur karena terjadi suatu kendala. Kendal tersebut adalah pembebasan lahan di daerah Cirebon Brebes.

“Jakarta semarang justru kita targetnya operasikan full Lebaran ini. Ternyata karena beberapa ruas terkendala pembebasan lahan, jadi terhambat. Tapi kira-kira Oktober ini sudah selesai,”jelasnya.

Biaya untuk pembanguan jalur ganda ini mencapai Rp 9,7 triliun.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.