Jalur KA di Bandara baru di Kulon Progo mulai dibangun 2019

Yogyakarta akan disertakan dalam pembangunan Kulon Progo, Yogyakarta. tersebut rencananya akan mulai dibangun pada awal 2019 dengan durasi pengerjaan selama 9 bulan.

Kedundang akan dibangun di sisi utara bandara Kulon Progo, dengan begitu, waktu tempuh kereta dari Kedundang ke Kota Yogyakarta hanya akan menelan waktu sekitar setengah jam.

“Di sana nanti pusatnya . Jarak Kedundang ke Jogja 40 kilometer,” ujar Bambang Eko Martono, Direktur Operasional , ketika ditemui di Yogyakarta, kemarin (3/1).

Pembangunan jalur kereta di Bandara Kulonprogo ini serupa dengan bandara-bandara lain yang sudah terintegrasi kereta api, seperti Bandara Kualanamu di Medan, dan menyusul Bandara Soekarno Hatta di Tangerang.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan jajaran PT KAI telah melakukan rapat tertutup di Yogyakarta terkait rencana pembangunan kereta api di Bandara Kulon Progo. Saat meninjau lokasi pembangunan bandara baru di Kulon Progo,  Jusuf Kalla sempat menginstruksikan untuk memperhatikan moda penunjang di Bandara baru tersebut.

Dalam acara tersebut, Jusuf Kalla didampingi oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo, serta jajaran angkasa pura dan jajaran PT KAI.

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.