Jalur Kereta Porong ditutup akibat sering Banjir, Kemenhub siapkan Jalur Pengganti

Kereta-api.info – Kementerian Perhubungan berencana menutup yang melewati Porong, Sidoarjo, Jawa Timur dalam waktu dekat. Alasannya, jalur kereta ini sering terendam luapan tanggul penahan lumpur Lapindo sehingga perjalanan kereta yang melintasinya sering terganggu.

“Kalau sudah terendam kami tinggikan, tapi setelah ditinggikan turun lagi, karena tanahnya ambles,” ujar Widodo, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur Kementerian Perhubungan, Selasa (12/7).

Penutupan jalur ini juga bakal berbuntut pada penutupan Porong. Sebab jalur ini sebelumnya termasuk penting karena menjadi akses pengangkut kereta Surabaya-Malang dan Surabaya-Banyuwangi yang selalu padat penumpang, Kemenhub akan menyiapkan jalur baru sebagai penggantinya.

Jalur pengganti ini nantinya akan tersambung melalui Sidoarjo-Tulangan-Gununggangsir, Pasuruan-Bangil. Posisinya lebih aman dari terjangan banjir luapan lumpur Lapindo karena memutari tanggul.

“Posisi rel itu akan memutari tanggul sehingga aman,” ungkap Widodo.

Hingga saat ini, realisasi jalur baru sepanjang 18 kilometer tersebut telah masuk ke tahap pembebasan lahan. Widodo menargetkan, jalur rel yang baru itu sudah dapat beroperasi pada tahun 2019.

“Mudah-mudahan saja sesuai ,” tandasnya.