Jalur Perlintasan Jateng Longsor, PT KAI Ubah Pola Operasi 9 Kereta Api

Longsor 20 meter di Lintasan Rel Kereta Api - www.antvklik.com

antara Gundih-Karangsono mengalami sepanjang 20 meter dan kondisinya tak dapat dilalui oleh kereta api. Oleh sebab itu terdapat 9 kereta api yang melintasi Grobogan, terpaksa memutar lantaran terjadi di KM 61 + 7/8 antara Gundih-Karangsono, Grobogan.

“Longsoran sepanjang 20 meter di KM 61 + 7/8 yang menyebabkan petak antara Gundih – Karangsono tidak bisa dilewati,” kata Manager Humas Daop 4 Semarang, Suprapto, Sabtu (17/2), seperti dilansir Okezone. Bencana longsor tersebut berlangsung pada Sabtu (17/2) sekitar pukul 05.20 WIB dan hingga kini para petugas masih melakukan perbaikan.

Lebih lanjut Suprapto menjelaskan bahwa yang melewati jalur tersebut terpaksa menggunakan pola memutar, yaitu Balapan-Gundih-Gambringan-Ngrombo-Brumbung-Semarang dan sebaliknya dari arah Semarang- Balapan. “Kalau biasanya atau rute semula adalah Balapan-Gundih-Kedungjati-Brumbung-Semarang, dan sebaliknya. Keterlambatan akibat pola operasi memutar ini diperkirakan kurang lebih satu jam,” ungkap Suprapto.

Berikut daftar kereta api yang mengalami perubahan pola operasi akibat longsor:

  1. KA 175 (KA Brantas relasi Blitar – Pasarsenen)
  2. KA 55 (KA Bangunkarta relasi Surabaya Gubeng – )
  3. KA 56 (KA Bangunkarta relasi Jakarta – Surabaya Gubeng)
  4. KA 172 (KA Matarmaja relasi Pasarsenen – Malang)
  5. KA 171 (KA Matarmaja relasi Malang – Pasarsenen)
  6. KA 176 (KA Brantas relasi Pasarsenen – Blitar)
  7. KA 141 (KA Majapahit relasi Malang – Pasarsenen)
  8. KA 142 (KA Majapahit relasi Pasarsenen – Malang)
  9. KA 410/ 409 (KA Kalijaga relasi Semarang Poncol – Solo Balapan)

“Keterlambatan akibat pola operasi memutar ini diperkirakan kurang lebih satu jam,” imbuh Suprapto. Hingga kini jalur tersebut masih belum bisa dilalui karena proses pembersihan material longsor tergantung pada kondisi cuaca. Apabila cuaca cerah, maka pembersihan longsor dapat berjalan cepat. “Keterlambatan akibat pola operasi memutar ini diperkirakan kurang lebih satu jam,” tandasnya.