Jalur Rel Super Mewah Arab Saudi, Riyadh Public Transport Project

RIYADH – Proyek jalur api super di diperkirakan akan mengahbiskan dana sekitar USD22 miliar atau setara dengan Rp226 triliun.

Sistem jaringan metro di ibukota Riyadh ini diklaim akan menjadi sarana transportasi publik terbesar didunia. Jalur super mewah ini akan memiliki enam jurusan yang diperkirakan akan mengembangkan perekonomian negara ini.

Salah satu aristektur proyek ini adalah Zaha Hadid. Dia adalah arsitek berdarah campuran Irak – Inggris. Dia juga telah banyak membuat bangunan prestisius.

Konstruksi dari jalur rel super mewah ini akan dimulai tahun depan. Tahun 2019 diperkirakan sudah dapat digunakan.

“Proyek yang dinamakan Riyadh Public Transport Project ini akan menjadi pendorong utama perkembangan ekonomi dan ketenagakerjaan,” ungkap Presiden komisi untuk pembangunan kota Riyadh, Arriyadh Development Authority, Ibrahim bin Mohammed al Sultan, seperti dilansir dailystar (31/7).

Jalur rel super mewah Riyadh metro ini akan mampu membawa 2,26 juta setiap hari saat diluncurkan nanti. Dan dalam 10 tahun akan bertambah menjadi 3,6juta .

Saat ini Arab Saudi melakukan konsumsi minyak 500ribu barel per hari dalam bentuk bensin. Dan untuk ekspor sebesar 8juta barel per hari.

Dengan adanya jalur rel super mewah ini akan diperkirakan menurunkan kebutuhan energi untuk sektor transportasi.

Pembangunan proyek ini digunakan untuk pengganti transportasi kendaraan bermontor da untuk mengurangi polusi lingkungan.

Sistem jalur rel super mewah ini diperkirakan akan dibangun sepanjang 180 km dan akan menyambung Metro Dubai.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.