Jelang Imlek, Jumlah Penumpang Kereta di Daop 7 Madiun Melonjak

Suasana antrian pemesanan tiket di Stasiun Kereta Api Jombang, wilayah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun
Suasana antrian pemesanan tiket di Stasiun Kereta Api Jombang, wilayah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun - kompas.com

Jombang – Menjelang perayaan Tahun Baru China alias Imlek, jumlah api dilaporkan mengalami lonjakan dibandingkan pada hari biasa. Pada momen libur Imlek kali ini, jumlah penumpang di wilayah kerja Daop 7 dilaporkan naik antara 10-15%.

Menurut Humas (KAI) Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, adanya kenaikan jumlah penumpang kereta ini terpantau dari jumlah penumpang yang hendak naik dan turun di seluruh yang ada di wilayah Daop 7 Madiun.

Ixfan menjelaskan bahwa peningkatan jumlah penumpang sudah berlangsung sejak Jumat (1/2) sampai Selasa (5/2), tepat pada hari H Imlek 2019. Puncaknya terjadi pada hari Sabtu dan Minggu. “Volume tertinggi terjadi pada hari Sabtu (2/2/2019), penumpang turun di Daop 7 sebanyak 8.623 orang,” jelas Ixfan, Kamis (31/1), seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut Ixfan menuturkan, pada hari Minggu volume penumpang pun terpantau mengalami peningkatan. Dari semua stasiun kereta yang ada di wilayah PT KAI Daop 7 Madiun, penumpang yang hendak naik tercatat mencapai 8.755 orang. “Sedangkan untuk penumpang naik dari Daop 7, volume tertinggi terjadi pada hari Minggu sebanyak 8.755 orang,” sambung Ixfan.

PT KAI Daop 7 Madiun sendiri membawahi sejumlah stasiun yang ada di beberapa kota di Jawa Timur, antara lain Madiun (MN), Kediri (KD), Nganjuk (NJ), Kertosono (KTS), Jombang (JG), Tulungagung (TA), dan Blitar (BL). Peningkatan jumlah penumpang kereta sendiri terlihat dari Rail Ticket System (RTS) volume penumpang.

Ixfan berpendapat bahwa kenaikan jumlah penumpang ini terjadi karena memasuki akhir pekan yang bersambung dengan perayaan Imlek. “Akhir pekan ini kebetulan berlanjut dengan Imlek. Jadi liburnya agak panjang dan otomatis terjadi lonjakan penumpang,” ungkap Ixfan.

Akan tetapi, walaupun terjadi lonjakan jumlah penumpang, pihaknya tidak berencana mengoperasikan kereta tambahan atau memperpanjang gerbong . “Tetapi akan menambah Petugas Pemeriksa (PPJ) Extra,” paparnya.

Ia juga mengimbau supaya calon penumpang kereta yang telah membeli tiket untuk mengecek kembali tiket yang sudah dibeli. “Harapan kami, lakukan chek in di semua stasiun selama H-7, nikmati kemudahan mendapatkan tiket dengan KAI access,” tandas Ixfan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*