Jelang Jember Fashion Carnival, KAI Tambah Gerbong Bisnis dan Eksekutif

Jelang pagelaran Fashion Carnival (JFC) yang diadakan pada akhir Agustus 2016, PT (KAI) berencana menambah kereta api untuk mengantisipasi padatnya ke . Rangkaian gerbong kereta api yang akan ditambah adalah KA Mutiara Timur kelas dan bisnis.

Penambahan rangkaian tersebut yaitu satu kereta bisnis pada perjalanan KA Mutiara Timur siang relasi Banyuwangi-Surabaya yang berangkat pada tanggal 26 Agustus. Kemudian, satu rangkaian kereta eksekutif KA Mutiara Timur malam relasi Banyuwangi-Surabaya yang beroperasi pada 28 Agustus.

Kapasitas penumpang untuk kereta bisnis ini mencapai 64 tempat duduk, sedangkan kelas eksekutif 50 tempat duduk. Pada hari biasa, KA Mutiara Timur terdiri atas 4 kereta kelas eksekutif, 3 kereta kelas bisnis, 1 kereta makan, dan 1 kereta pembangkit.

Untuk tiketnya, kelas bisnis dibanderol Rp145.000 untuk relasi Banyuwangi-Surabaya dan Rp120.000 untuk Jember-Surabaya. Adapun kelas eksekutif, dibanderol Rp200.000 untuk relasi Banyuwangi-Surabaya dan Rp160.000 untuk Jember-Surabaya. Sementara KA relasi Jember-Banyuwangi, dipatok Rp40.000 untuk kelas bisnis dan Rp60.000 untuk kelas eksekutif.

“Pengalaman tahun lalu, jelang hari H JFC, penumpang membludak,” terang Manajer Humas DAOP IX Jember, Luqman Arif. “Dan tahun ini, diprediksi masyarakat dari seluruh Indonesia serta mancanegara kembali bakal menonton langsung arak-arakan karnaval tersebut.”