Jelang Lebaran, Titik Rel KA Rawan Bencana mulai Diamankan

Demi mengantisipasi gangguan akibat bencana alam di KA selama masa angkutan  2016, Purwokerto telah menyiapkan sejumlah alat dan material pengamanan di 7 titik , yakni di Prupuk, Karangsari, Purwokerto, Kebasen, Kroya, Kebumen dan Kutoarjo.

Surono, Manager Humas Daop 5 Purwokerto, mengatakan bahwa di wilayah kerjanya terdapat sedikitnya 26 titik yang rawan bencana akibat curah hujan yang masih tergolong tinggi, mulai dari bencana banjir, longsor, ambles dan pohon tumbang. Untuk itu, pihaknya telah menempatkan 107 petugas untuk berjaga selama 24 jam.

Ia menambahkan, Daop 5 Purwokerto, telah membentuk Tim Reaksi Cepat Penanganan dan Tim Reaksi Cepat Pertolongan guna mempercepat pemulihan rel kereta api jika terjadi bencana. Ada pula Alat dan Material untuk Siaga (AMUS) yang disediakan bersama dengan generator untuk penerangan, bantalan kayu, karung plastik, pasir, batu balas, perancah, serta besi ‘H-beam’.

“Alat dan material tersebut diperlukan untuk menangani kondisi darurat akibat bencana alam seperti longsoran serta amblesan di jalur KA secara cepat,” ujar Surono, Selasa (14/6).

Semua material ini telah disiapkan dalam khusus yang siap ditarik ke lokasi gangguan setiap saat.