Jelang Libur Idul Adha, KAI Tambah Rangkaian KA Kutojaya & Purwojaya

Ixfan Hendriwintoko, Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto - www.antarajateng.com
Ixfan Hendriwintoko, Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto - www.antarajateng.com

Purwokerto – Mendekati perayaan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 1 September 2017 mendatang, PT Indonesia (KAI) Daop 5 Purwokerto, Jawa Tengah akan mengoptimalkan KA di wilayah operasinya dengan melakukan penambahan kereta.

“Kami memaksimalkan rangkaian KA dengan menambah kereta (gerbong) untuk mengantisipasi lonjakan menjelang long weekend yang berbarengan dengan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 1 September,” kata Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko, seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut Ixfan menuturkan bahwa pihaknya akan menambah rangkaian kereta pada KA Kutojaya Utara relasi Kutoarjo-Pasarsenen Pergi Pulang (PP) dan KA Purwojaya Cilacap-Purwokerto-Gambir Pergi Pulang (PP).

Terkait penambahan rangkaian kereta tersebut, stamformasi KA 191 Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo-Pasarsenen yang tadinya hanya beroperasi menggunakan 8 kereta dan 1 kereta makan akan diubah menjadi 9 kereta dan 1 kereta makan . Penambahan rangkaian KA Kutojaya Utara ini diberlakukan sejak tanggal 25 Agustus – 31 Agustus 2017 mendatang.

Sedangkan penambahan rangkaian untuk KA 192 Kutojaya Utara relasi Pasarsenen-Kutoarjo diterapkan sejak tanggal hari ini, 26 Agustus – 1 September 2017. Stamformasi yang tadinya terdiri dari 8 KA kelas ekonomi dan 1 KA makan ekonomi ditambah menjadi 9 KA kelas ekonomi dan 1 KA makan ekonomi.

Ixfan menjelaskan bahwa khusus pada KA 60/57 Purwojaya rute Cilacap-Purwokerto Gambir dan KA 58/59 Purwojaya rute Gambir-Purwokerto-Cilacap, penambahan gerbong hanya berlaku untuk 27 Agustus 2017. “Stamformasi KA Purwojaya yang semula terdiri atas delapan kereta , satu kereta makan , dan satu kereta pembangkit, akan dimaksimalkan menjadi sembilan kereta , satu kereta makan , dan satu kereta pembangkit,” beber Ixfan.

PT KAI Daop 5 Purwokerto sengaja menambah rangkaian kereta untuk meningkatkan keterisian kursi atau okupansi penumpang saat menjelang Hari Raya Kurban. Selain itu Ixfan berharap agar rangkaian kereta tambahan ini bisa dimanfaatkan oleh para penumpang yang telah kehabisan .