Jelang Libur Idul Adha, PT KAI Tambah Gerbong Kereta

Mengantisipasi pada libur Hari Raya Idul Adha pekan depan, PT Indonesia (KAI) akan melakukan penambahan rangkaian Taksaka jurusan Jakarta-Yogyakarta PP kelas . Selain itu, KA kelas ekonomi dengan rangkaian baru berkapasitas 800 kursi juga disiapkan untuk jurusan Jakarta (Gambir)-Yogyakarta ( Tugu).

KA Taksaka tambahan dari Yogyakarta ini akan beroperasi mulai tanggal 8 September hingga 13 September mendatang. Sementara, KA tambahan kelas ekonomi dijadwalkan beroperasi mulai tanggal 9 September hingga 12 September mendatang.

“Adanya KA tambahan pada momen Idul Adha kali ini karena permintaan masyarakat yang tinggi,” jelas Manajer Humas DAOP 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto. “Jadi, kami merespon dengan menambah rangkaian kereta.”

Selain DAOP 6, PT KAI DAOP 5 Purwokerto juga telah menyiapkan tambahan rangkaian kereta api menyambut libur Hari Raya Kurban. Rangkaian gerbong yang ditambah adalah untuk KA Purwojaya jurusan Cilacap-Purwokerto-Gambir dan KA Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo-Pasar Senen. KA Purwojaya akan ditambah menjadi delapan gerbong, sedangkan KA Kutojaya Utara akan ditambah menjadi sembilang gerbong.

“Pengoperasian gerbong tambahan itu akan dilakukan pada tanggal 4 September hingga 8 September 2016,” kata Manajer Humas PT KAI DAOP 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko. “Selain itu, pada lintasan selatan juga akan ada pengoperasian KA tambahan dari PT KAI DAOP 6 Yogyakarta sehingga bisa dimanfaatkan penumpang dari Purwokerto.”

Sementara untuk ketersediaan, , ditambahkan Ixfan, hingga saat ini, pemesanan KA jelang Hari Raya Idul Adha 1437 H sudah mencapai 90 persen, baik untuk kelas eksekutif, bisnis, maupun ekonomi. “Jadi, bagi masyarakat yang ingin menggunakan kereta api, kami imbau untuk secepatnya memesan tiket,” terangnya.