Jelang Libur Idul Adha, PT KAI Tambah Gerbong Kereta

Mengantisipasi lonjakan pada libur Hari Raya Idul Adha pekan depan, PT Indonesia (KAI) DAOP 6 Yogyakarta akan melakukan penambahan rangkaian Taksaka jurusan Jakarta-Yogyakarta PP kelas . Selain itu, KA kelas dengan rangkaian baru berkapasitas 800 kursi juga disiapkan untuk jurusan Jakarta (Gambir)-Yogyakarta ( Tugu).

KA Taksaka tambahan dari Yogyakarta ini akan beroperasi mulai tanggal 8 September hingga 13 September mendatang. Sementara, KA tambahan kelas ekonomi dijadwalkan beroperasi mulai tanggal 9 September hingga 12 September mendatang.

“Adanya KA tambahan pada momen Idul Adha kali ini karena permintaan masyarakat yang tinggi,” jelas Manajer Humas DAOP 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto. “Jadi, kami merespon dengan menambah rangkaian kereta.”

Selain DAOP 6, PT KAI Purwokerto juga telah menyiapkan tambahan rangkaian kereta api menyambut libur Hari Raya Kurban. Rangkaian yang ditambah adalah untuk KA Purwojaya jurusan Cilacap-Purwokerto-Gambir dan KA Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo-Pasar Senen. KA Purwojaya akan ditambah menjadi delapan , sedangkan KA Kutojaya Utara akan ditambah menjadi sembilang .

“Pengoperasian gerbong tambahan itu akan dilakukan pada tanggal 4 September hingga 8 September 2016,” kata Manajer Humas PT KAI DAOP 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko. “Selain itu, pada lintasan selatan juga akan ada pengoperasian KA tambahan dari PT KAI DAOP 6 Yogyakarta sehingga bisa dimanfaatkan penumpang dari Purwokerto.”

Sementara untuk ketersediaan, , ditambahkan Ixfan, hingga saat ini, tiket KA jelang Hari Raya Idul Adha 1437 H sudah mencapai 90 persen, baik untuk kelas eksekutif, bisnis, maupun ekonomi. “Jadi, bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa transportasi kereta api, kami imbau untuk secepatnya memesan tiket,” terangnya.