Jelang Libur Nyepi, KAI Daop 9 Tambah Gerbong KA Mutiara Timur Rute Banyuwangi-Surabaya

Surabaya (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 1 rangkaian kereta tambahan berkapasitas 64 untuk (KA) Mutiara Timur relasi Banyuwangi-Surabaya keberangkatan 25-28 Maret. Penambahan kereta ini dilakukan untuk mengakomodir lonjakan penumpang kereta api tujuan Banyuwangi-Surabaya dan sebaliknya, menjelang Hari Raya Nyepi pada (28/3) depan.

“Ini untuk memenuhi permintaan masyarakat yang tinggi, jadi penambahan itu khusus keberangkatan tanggal 25 sampai 28 Maret 2017,” kata Humas Daop 9 Jember, Lukman Arif, Jumat (24/3). Lebih lanjut Arif menjelaskan jika lonjakan jumlah penumpang terjadi untuk seluruh KA yang berangkat dari Banyuwangi. Bahkan semua untuk keberangkatan tanggal 24-28 Maret 2017 dari Banyuwangi telah terjual sekitar 80%.

Kereta api tersebut antara lain KA Tawang Alun (Banyuwangi-Malang), Sri Tanjung (Banyuwangi-Yogyakarta), Mutiara Timur Siang (Banyuwangi-Surabaya), Probowangi (Banyuwangi-Surabaya), dan Mutiara Timur Malam (Banyuwangi-Surabaya). “Rata-rata sudah terjual 80 persen, terutama di empat kereta api. Bahkan untuk KA Mutiara timur siang, KA Mutiara timur malam dan KA Probowangi pada tanggal 24, 25, 27 dan 28, sudah habis terjual,” ungkap Lukman.

Sementara ini Daop 9 Jember tidak melayani tiket terusan sampai ke Denpasar pada tanggal 27 dan 28 Maret 2017. “Karena memang operasional penyeberangan di Pelabuhan Ketapang berhenti. Permintaan tiket terusan akan dilayani lagi pada perjalanan KA Mutiara Timur Malam keberangkatan tanggal 29 Maret 2017,” katanya.

Selain keberangkatan dari Banyuwangi, kereta keberangkatan dari Surabaya-Banyuwangi juga terpantau padat. Bahkan pada Sabtu (24/3) Probowangi, Mutiara Timur Siang, dan Mutiara Timur Malam sudah habis terjual.