Jelang Mudik Lebaran, KAI Madiun Perbaiki 82 Kereta

– PT Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) VII Madiun, Jawa Timur melakukan dengan cepat ke 82 lebaran. Hal ini dilakukan agar tersebut dapat digunakan untuk melayani angkutan lebaran 2013.

Menurut Senior Supervisor Depo Kereta Daop VII Madiun, Muhammad Husni 82 kereta lebaran tersebut terdiri dari berbagi kelas, dari komersil yaitu bisnis dan eksekutif serta ekonomi. Kerusakan yang terjadi pada kereta tersebut bermacam – macam. Mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan berat. Jika Depo Madiun tidak dapat memperbaiki kerusakannya maka kereta akan dikirim ke Balai Yasa Yogyakarta.

“Saat ini tinggal 30 persen dan akan selesai pada akhir Juli sehingga siap untuk angkutan lebaran pada awal Agustus,”jelas Husni kepada Antara.

Selain mengalami perbaikan kerusakan, kereta – kereta ini juga akan menjalani perawatan rutin, seperti eksterior, interior, sistem kelistrikan, pemasangan AC, bogi dan roda.

Tahun 2013 ini akan memberikan 40 kereta tambahan untuk angkutan mudik lebaran. 22 KA merupakan kereta komersil dan 18 lainnya adalah kereta ekonomi.

Sehingga total kereta api yang digunakan untuk angkutan mudik lebaran tahun 2013 ini sebanyak 305 KA. Dengan rincian 265 KA reguler dan 40 KA tambahan dengan sebanyak 1.779.270 orang.

Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2012 kemarin, hal ini dikarenakan peningkatan jumlah pemakai kereta api sebagai salah satu mudik lebaran.

 

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.