Jelang Mudik Lebaran, PT KAI Perbaiki Gerbong dan Lokomotif

Perawatan Kereta Api Jelang untuk Lebaran 2017 - nasional.news.viva.co.id
Perawatan Kereta Api Jelang untuk Lebaran 2017 - nasional.news.viva.co.id

Surabaya – Menjelang musim 2017, PT Indonesia (KAI) Surabaya melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya dengan melakukan perbaikan untuk sejumlah dan untuk menunjang kenyamanan para pemudik selama berada di perjalanan.

Menurut Kepala Depo Pasar Turi, Eko Asyari, setelah 6 bulan penggunaan, kereta api harus menjalani perawatan berkala dan masuk ke depo. “Dalam hal ini bodi kereta diangkat dan dipisahkan dengan bodi,” tutur Eko, Selasa (30/5).

Lebih lanjut Eko menyatakan jika proses perbaikan gerbong dilakukan lebih awal untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat kerusakan komponen kereta api ketika Lebaran kelak. “Pada perawatan P6 ini, perbaikan gerbong dan lokomotif dipersiapkan khusus lebaran 2017. Ini meliputi bodi atau rangkaian roda kereta api, rem blok, pelumasan dan interior kereta api seperti kursi dan AC,” jelasnya.

KAI Daop 8 Surabaya sendiri selama ini berupaya untuk rutin memperbaiki gerbong dan lokomotif. Dalam sehari biasanya mereka mengerjakan sekitar 2 gerbong. “Namun menjelang lebaran seperti ini, perawatan gerbong bisa ditambah sebanyak empat gerbong. Untuk kereta yang akan melayani lebaran, perawatan lebih teliti dan hati-hati,” paparnya.

Tak hanya Daop 8 Surabaya, KAI Daop 7 Madiun juga sudah mulai memperbaiki dan melakukan perawatan rel kereta dengan kendaraan berat untuk mengantisipasi kepadatan perjalanan kereta saat mudik Lebaran 2017. “Ada dua unit MPJR (mesin perawatan jalan rel) yang diturunkan untuk perawatan jalur rel KA tersebut. Perawatan dilakukan dari tanggal 31 April hingga 25 Mei 2017,” kata Supriyanto di Madiun, Rabu (24/5).

Untuk tahap awal perawatan jalur rel dilakukan di sepanjang 55,2 km spor (kmsp) mulai dari lintas Stasiun Walikukun hingga Stasiun Madiun. “Kegiatan perawatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan keselamatan perjalanan KA serta meningkatkan kenyamanan penumpang kereta api,” jelasnya.

Tak hanya merawat rel, KAI Daop 7 juga merawat lokomotif dan gerbong kereta api. Demi menunjang kelancaran perjalanan mudik, pihaknya juga menyiapkan 9 lokomotif tambahan. “Lokomotif dan kereta cadangan tersebut akan siap dioperasikan jika terjadi gangguan dalam perjalanan KA di wilayah Daop Madiun, terlebih mengantisipasi gangguan saat masa angkutan lebaran yang padat jadwalnya,” tandasnya.