Jembatan Cikubang, Jembatan Kereta Api Aktif Terpanjang Di Indonesia

Tak kalah dengan negara lain, Indonesia juga memiliki sebuah kereta api mengagumkan yang bernama Cikubang. kereta api yang menghubungkan kota dengan kota ini terletak di Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat. Inilah jembatan kereta api dengan struktur terbesar yang masih aktif di Indonesia.

Jembatan sepanjang 300 meter ini memiliki empat pilar baja seberat sekitar 110 ton. Sebenarnya, ada sebuah jembatan yang lebih panjang dari Cikubang yaitu jembatan Cikacepit. Namun jembatan yang berada di jalur Banjar-Pangandaran-Cijulang tersebut merupakan jalur yang saat ini sudah tidak aktif.

Jembatan Cikubang mulai digunakan sejak tahun 1906 dan sampai saat ini masih kokoh berdiri di ketinggian 80 meter di atas sungai Cikubang. Pada tahun 1953, struktur jembatan sempat diperkuat dengan penambahan lengkungan logam setengah lingkaran sepanjang rel di bagian bawah bantalan. Penguatan itu dilakukan seiring dengan mulai dioperasikannya lokomotif diesel.

Bentuk asli Jembatan Cikubang 1912
Bentuk asli Jembatan Cikubang 1912

Jembatan Cikubang dapat Anda lihat dengan jelas dari jalan raya antara Plered dan Padalarang. Pemandangan struktur jembatan yang melayang diantara perbukitan ini kerap membuat wisatawan berhenti sejenak untuk menyaksikan keindahannya, apalagi jika ada kereta api yang melintas di jembatan tersebut.

dibangunnya jalur KA Cikampek-Purwakarta-Bandung yang juga menjadi rintisan berdirinya jembatan terpanjang ini  dimulai antara tahun 1881 – 1884 oleh perusahaan kereta api Staats Spoorwegen (SS).

Kala itu, transportasi kereta api antara Jakarta – Bandung via Bogor (Buitenzorg) dan Sukabumi dibuka secara bertahap. Keberadaan transportasi kereta api ini mendorong meningkatnya mobilitas sosial, komunikasi dan perdagangan antara kota Jakarta (Batavia) dengan kota Bandung.

Dalam pembangunannya, pembangunan jalur jalan kereta api antara Purwakarta-Bandung mengalami beberapa hambatan. Hal ini disebabkan karena wilayah Jawa Barat bagian selatan yang bergunung juga memliki lembah ataupun sungai-sungai yang tebingnya sangat curam. Hingga dibangunlah jembatan Cikubang yang menjadi jembatan kereta api terpanjang di Indonesia sepanjang 300 meter serta jembatan Cisomang yang merupakan jembatan kereta api yang di Indonesia dengan ketinggian hampir 100 meter dari dasar sungai Cisomang. Selain itu juga terdapat terowongan Sasaksaat yang memiliki panjang 950 meter.

Jembatan Cikubang dan kenampakan Tol Cipularang foto: DJI Phantom
Jembatan Cikubang dan kenampakan Tol Cipularang
foto: DJI Phantom

Jalur kereta api rute Jakarta-Bandung via Cikampek dan Purwakarta ini menjadi favorit sejak zaman karena pemandangan alam yang indah dan hawa yang sejuk. Jalur kereta api meliuk-liuk di antara perbukitan. Panorama indah yang menyajikan hamparan sawah yang berundak, pepohonan dan sungai akan memanjakan mata penumpang kereta api.

Terbentangnya rute Jakarta-Bandung ini juga turut andil mengubah kehidupan sosial dan di kota Bandung hingga mengalami masa kejayaannya pada saat itu.

Jika Anda juga ingin merasakan sensasi menikmati kereta api melintasi jembatan terpanjang Cikubang ini, Anda bisa melakukan kereta api menggunakan KA Ekonomi Lokal Cibatu (Kereta Api Si Mandra), , atau KA Serayu yang melewati jalur ini.