Jembatan Layang Sebagai Solusi Penghindar Kecelakaan Kereta Api Paling Efektif

ilustrasi

JAKARTA – Untuk mencegah , layang di atas dinilai dapat menjadi solusi yang paling efektif. Hal tersebut diungkapkan oleh pengamat , Djoko Setijawarno.

“Pembangunan jembatan layang atau rail-pass, itu saja yang paling efektif,” ujarnya yang ditemui di Jakarta, Rabu (29/10/14) seperti dikutip antaranews.

Menurutnya, pembangunan jalur perlintasan kereta tidak , dapat dilakukan melewati atas kereta dengan menggunakan atau melalui bawah rel. Ia menganggap hal tersebut perlu diprioritaskan oleh Provinsi DKI Jakarta untuk mengurangi angka kecelakaan kereta api.

Ia juga mengatakan bahwa semua perlintasan kereta yang sebidang dengan jalan raya di Jakarta harus dibangun jalan layang.

“Saya rasa Pemda DKI dan sangguplah membuat jembatan layang untuk semua perlintasan kereta di Jakarta,” kata dia.

Ia menambahkan, petugas kepolisian atau petugas jaga lain tidak perlu dikerahkan untuk antisipasi pencegahan kecelakaan karena bisa saja terjadi human-error.

“Tidak perlulah pakai , bisa salah juga ,” ujarnya.

Dalam UU Nomor 23/2007 tentang Perkeretaapian, menyebutkan bahwa perlintasan kereta tidak boleh sebidang dengan jalan yang dilalui kendaraan. Di Indonesia memang memiliki tingkat kecelakaan kereta api yang cukup tinggi. Sudah banyak kejadian kecelakaan yang melibatkan kereta api dengan kendaraan atau pengguna jalan lain.

Penyebab dari kecelakaan kereta api sendiri bermacam-macam mulai dari kelalaian etugas kereta api, atau karena kelalaian pengguna jalan lain yang melanggar peraturan lalu lintas yang ada.

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.