Jembatan Spiral Brusio, Jalur Kereta Api yang Unik dan Menantang

jalur brusio
SSpiral Brusio (foto: sidomi.com)

– Sebuah jembatan spiral yang menjadi kereta di Swiss terlihat amat . Bentuknya yang spiral membuat kereta yang melintas terlihat seolah sedang mengitari jalan layang. Jembatan spiral yang bernama Brusio ini, didesain sedemikian rupa sehigga yang lewat mendapat elevasi dalam jarak yang relatif kecil.

Jembatan spiral ini memiliki total panjang 110 meter dengan radius kelngkungannya secara horisontal mencapai panjang 70 meter. Sedangkan kemiringan longitudinalnya mencapai tujug persen. Brusio memiliki 9 bentangan setiap 10 meter. Dengan desain itu, kereta api yang melintas akan menuruni jembatan dari ketinggian awal 20 meter.

jalur spiral brusio
Jalur Spiral Brusio (foto: sidomi.com)

Jembatan Brusio yang berada di Kanton Graubunden ini terlihat sangat menarik dan menantang. Untuk melaluinya, diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 40 detik. Jalur kereta tunggal dengan turunan yang curam ini membuat kereta harus berhati-hati saat menaiki ataupun menuruni jembatan ini.

Jalur spiral ini merupakan bagian dari jalur kereta api Bernina Railway yang menghubungkan Brusio dan Compascio. Jalur spiral Brusio telah dibuka sejak 1 Juli 1908 setelah pembukaan jalur Tirano – Poschiavo. Jembatan tua ini terletak sekitar 55 Km dari St Moriz. Pada tahun 1943, perusahaan kereta api yang menaungi Jalur spiral Brusi diambil alih Rgaetian Railway, namun mereka tetap mempertahankan jalur ini.

jalur spiral
Jalur Spiral Kereta (foto: sidomi.com)
Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur