Juli 2016, Jalur Kereta Api Papua mulai dibangun dari Sorong

Sorong – pembangunan di Barat akan segera dimulai pada Juli 2016 mendatang.

Jalur kereta api tersebut nantinya akan dibangun sepanjang 390 kilometer dengan menghubungkan 6 kabupaten di Papua Barat, yakni Teluk Bintuni, Manokwari Selatan, Manokwari, Sorong, Sorong Selatan dan Maybrat.

Kota Sorong akan dipilih sebagai lokasi awal pembangunan jalur kereta karena infrastruktur di kota ini sangat memadai. Terkait informasi ini, Wakil Gubernur Papua Barat, Irene Manibuy telah membenarkannya.

“Sesuai hasil presentasi Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pembangunan jalur kereta api Provinsi Papua Barat membutuhkan waktu tiga tahun hingga 2019,” ujanya, Minggu (8/5).

Dalam kesempatan tersebut, Irene menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden sembari memuji kinerja presiden ketujuh tersebut yang dianggap memprioritaskan pembangunan di Provinsi Papua Barat.  

“Presiden Jokowi tidak hanya janji tetapi dibuktikan secara nyata memprioritaskan pembangunan infrastruktur di Papua Barat seperti Terminal Bandara DEO yang diresmikan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Ignasius Jonan belum lama ini.” pungkasnya.