Jumlah Penumpang KA Wijayakusuma Terus Meningkat, KAI Gelar Undian Kupon Berhadiah

KA Wijayakusuma - facebumen.com
KA Wijayakusuma - facebumen.com

Jakarta – Peminat api (KA) Wijayakusuma relasi Cilacap-Yogyakarta dan Cilacap-Yogyakarta-Solo Balapan rupanya cukup tinggi. PT Api Indonesia (KAI) mengungkapkan bahwa hal ini terlihat dari okupansi atau tingkat keterisian yang terus mengalami peningkatan pada -rute tersebut.

“Sejak perdana KA Wijayakusuma diresmikan pada tanggal 26 September 2017, okupansi penumpangnya cenderung meningkat,” ujar Manajer Humas PT Indonesia Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto Supriyanto di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (29/7), seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut Supriyanto menjelaskan bahwa rangkaian KA Wijayakusuma terdiri dari 8 gerbong kelas premium yang berkapasitas 64 tempat duduk per gerbong atau keseluruhan mencapai 512 kursi pada satu rangkaian. Menurut data dari , keterisian KA Wijayakusuma untuk relasi Cilacap-Yogyakarta yang berangkat dari Cilacap pukul 05.00 WIB rata-rata mencapai 60% atau sekitar 307 setiap harinya.

Sedangkan pada KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Yogyakarta-Solo Balapan yang berangkat dari Stasiun Cilacap pada jam 14.10 WIB okupansi penumpangnya rata-rata mencapai 90% atau sekitar 480 penumpang per hari. “Oleh karena itu, PT KAI Daop 5 Purwokerto memberikan apresiasi berupa pengundian kupon berhadiah bagi pelanggan setia KA Wijayakusuma pemberangkatan dari Stasiun Cilacap. Sebanyak 20 ribu kupon telah dibagikan dan pengumpulannya dilakukan pada tanggal 15 Mei-27 Juli 2018, sedangkan pengundiannya dilakukan hari Minggu, 29 Juli 2018 di Stasiun Cilacap,” tutur Supriyanto.

Menurut PT KAI, dengan adanya KA Wijayakusuma pun ikut mendongkrak industri pariwisata yang ada di Kabupaten Cilacap. Pasalnya Kabupaten Cilacap ternyata juga mempunyai banyak potensi wisata yang menarik, misalnya saja seperti Pantai Teluk Penyu, Benteng Pendem, Pantai Widarapayung, Curug Mandala, Gunung Selok, dan Wisata Hutan Payau. “Objek-objek wisata itu sangat cocok dikunjungi bersama keluarga saat musim . Bagi wisatawan yang datang dari wilayah Solo maupun Yogyakarta, bisa menggunakan KA Wijayakusuma untuk berlibur di Cilacap,” pungkas Supriyanto.