Jumlah Penumpang Kereta Api di Sumut Kini Mulai Naik

Manager Humas PT KAI Divre 1 Sumut, Mahendro Trang Bawono - sumut.antaranews.com

Medan penumpang kereta api di wilayah mulai mengalami kenaikan, yaitu antara 3.600 hingga 5.000 orang per hari walaupun masih dalam kondisi pandemi. Hal ini diungkapkan langsung oleh pihak (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumut.

“Hanya di hari libur atau akhir pekan penumpang lebih banyak jumlahnya. Sementara hari biasa di kisaran 3.000-an,” ucap Manager Humas Divre 1 Sumut, Mahendro Trang Bawono, Jumat (18/6), seperti dilansir Antara.

Misalnya saja pada hari libur tanggal 1 Juni 2021 lalu, jumlah penumpang kereta api di Sumut mencapai 5.161 orang. Kemudian, pada 16 Juni 2021 jumlah penumpang KA hanya 3.641 orang. Padahal, kapasitas kurs kereta api yang disediakan tiap harinya mencapai 12.578 tempat duduk. “Sejak pandemi Covid-19 jumlah penumpang menurun. Kalaupun ada yang masih banyak, itu terjadi pada kereta api lokal yakni Medan-Binjai-Medan,” kata Mahendro.

Karena situasi pandemi yang masih belum mereda, banyak calon penumpang kereta api yang ragu untuk melakukan perjalanan. Di sisi lain, pemerintah juga tetap menerapkan kebijakan protokol kesehatan yang ketat guna menekan angka penyebaran Covid-19.

“Meski jumlah penumpang belum maksimal, manajemen KAI masih mempertahankan frekuensi perjalanan kereta api yang sebanyak 32 perjalanan,” terangnya. Jumlah perjalanan 32 kali tersebut setelah ditambah 12 perjalanan usai pelaksanaan penyekatan arus selama 6-17 Mei 2021.

Demi mengakomodir masyarakat yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh, KAI Divre I Sumut pun telah menyediakan layanan pemeriksaan C-19 di sejumlah . “KAI berkomitmen untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan guna memenuhi syarat bepergian menggunakan moda kereta api khususnya untuk perjalanan antar kota,” tutur Vice President PT KAI Divre I Sumut, Daniel Johannes Hutabarat beberapa waktu lalu.

Untuk calon penumpang yang hendak menjalani tes GeNose diwajibkan untuk tidak makan/minum dan tidak merokok selama 30 menit sebelum melakukan tes. Di samping itu, calon penumpang juga harus memiliki tiket atau kode booking yang berstatus lunas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*