KA Ambarawa Ekspres Rute Semarang-Surabaya Segera Beroperasi

KA Cepu ekspres rangkaian Blora Jaya
KA Cepu ekspres rangkaian Blora Jaya

– PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang akan menghentikan pengoperasian Kereta Rel Diesel (KRD) Blora Jaya dan Cepu Ekspres relasi Cepu--Surabaya dan tugasnya kelak akan digantikan oleh KA Ekspres mulai tanggal 3 Oktober 2016 mendatang.

“Penggantian KRD Blora Jaya dan Cepu Ekspres dengan KA Ambarawa itu untuk peremajaan sarana ,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Edy Kuswoyo di Semarang, Senin (26/9).

Edy menjelaskan bahwa selama ini tingkat keterisian atau okupansi dari Blora Jaya dan Cepu rata-rata tiap hari sekitar 45% dan pada akhir pekan mencapai 50-60%.

Sementara itu KA Ambarawa Ekspres adalah peralihan dari KA Menoreh yang juga bertujuan untuk meningkatkan layanan pada masyarakat. “Nantinya KRD Blora Jaya dan Cepu Ekspres akan dialihkan ke stasiun atau wilayah yang memang masih membutuhkan. Tapi, sebelum dialihkan ke wilayah lain akan dilakukan perawatan terlebih dahulu,” imbuhnya.

Pihak Daop 4 juga akan membuka rute baru dari Semarang ke Surabaya (Pasar Turi) pulang pergi setiap hari. Rute tersebut akan diperkenalkan mulai 4 Oktober 2016.

Rute Semarang Poncol-Pasar Turi Surabaya akan memakai KA Ambarawa Ekspres dengan rangkaian 8 gerbong. Tiap gerbong memuat 80 kursi hingga berjumlah total 640 kursi. Kursi kelak didesain 2-2 atau 2 saling berhadapan.

“Ini merupakan persembahan yang diberikan perseroan untuk memperingati hari jadi KAI ke-71,” ujar Edy.

KA Ambarawa Ekspres dibanderol dengan harga termurah mulai Rp 50.000 dan Rp 80.000 untuk jarak jauh. Waktu tempuh sekitar 5 jam dengan rangkaian K3 AC. yang ada dalam gerbong antara lain AC, power outlet, dan space yang nyaman.

“Jadwal KA Ambarawa Ekspres akan bergantian dengan KA Maharani,” tuturnya.

Kerta dari Semarang Poncol akan diberangkatkan mulai pukul 07.00 WIB, sedangkan kereta dari Surabaya jam 13.00 WIB.

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.