Relasi Solo Balapan, KA Bandara Adi Soemarmo Beroperasi Oktober 2019

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Internasional Adi Soemarmo - jawapos.com

SOLO – Bandara Adi Soemarmo Solo dijadwalkan akan beroperasi secara resmi pada bulan Oktober 2019 mendatang. Pasalnya, hingga September ini, progres angkutan transportasi tersebut diklaim sudah mencapai 96 persen. Nantinya, KA Bandara Adi Soemarmo bakal melayani 16 kali perjalanan ke pulang-pergi.

“Kami memberikan dukungan besar untuk memudahkan , dalam maupun luar negeri,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dilansir dari Jawa Pos. “Sementara itu, memang KA bandara masih menghubungkan Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Solo Balapan dan langsung pindah kereta menuju ke Yogyakarta.”

operasional tersebut memang sedikit mundur satu bulan dari yang direncanakan sebelumnya. Menurut Budi, saat ini pihak kontraktor tengah merampungkan pembebasan lahan di satu titik. Dalam waktu satu bulan, proses tersebut diharapkan selesai dan bisa mulai beroperasi pada bulan depan.

Perjalanan kereta bandara dari Stasiun Solo Balapan menuju Bandara Adi Soemarmo akan menempuh waktu 20 menit, dengan total panjang jalur 12,97 kilometer. Rencananya, kereta bandara ini akan menggunakan satu rangkaian kereta atau train set dan melakukan perjalanan sebanyak 32 kali dalam satu hari dengan headway rata-rata 63 menit. Kecepatan kereta akan berkisar dari 75-80 km per jam.

“KA Bandara Adi Soemarmo akan memiliki 16 perjalanan Stasiun Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo PP,” jelas Direktur Operasi PT Kereta Api Indonesia (KAI), Awan Herwaman. “Kereta mulai berangkat dari stasiun pada pukul 05.00 WIB dan paling terakhir berangkat pukul 21.50 WIB. Sementara, keberangkatan pertama dari bandara pukul 05.35 WIB dan terakhir pukul 22.20 WIB.”

Kereta Bandara Adi Soemarmo diharapkan mampu mendorong sektor pada Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang). Stasiun kereta api tersebut nantinya akan tersambung dengan terminal baru yang kini juga sedang dalam pembangunan yang lokasinya berdampingan. Terminal baru yang akan digunakan dikatakan mampu menampung 22.000 per hari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*