Tarif Masih Gratis, KA Bandara Solo Diperpanjang Hingga Klaten

Rute KA Bandara Solo Diperpanjang Hingga Klaten
Rute KA Bandara Solo Diperpanjang Hingga Klaten - bisnis.tempo.co

SOLO – Akhir pekan kemarin, PT Indonesia () memutuskan untuk memperpanjang KA Bandara Adi Sumarmo Solo hingga ke Stasiun Klaten. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah masyarakat yang ingin bepergian menuju Bandara Adi Sumarmo. Sebelumnya, ini hanya melayani sampai Stasiun Balapan Solo.

Dilansir Tempo, sebelumnya, PT KAI bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan telah melakukan uji coba perpanjangan rute selama sepuluh hari. Uji coba itu dilakukan untuk mengukur tingkat kebutuhan masyarakat terhadap keberadaan kereta bandara tersebut. “Kami perpanjang sampai Klaten agar masyarakat semakin mudah bepergian menuju Bandara Adi Soemarmo,” tutur Manajer Humas PT KAI DAOP 6 Yogyakarta, Eko Budianto.

Melalui perpanjangan rute itu, sekarang terdapat tiga relasi perjalanan, yaitu KA Bandara relasi Klaten-Bandara Adi Soemarmo dengan total 22 perjalanan, KA Bandara relasi -Bandara Adi Soemarmo dengan total 10 perjalanan, dan KA Bandara relasi -Klaten dengan total 2 perjalanan. Meski begitu, KA Bandara Solo ini hanya akan berhenti di empat stasiun, yakni Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, Stasiun , dan Stasiun Bandara Adi Sumarmo.

“Hingga tanggal 29 Februari 2020, tarif KA Bandara masih , yakni Rp0 alias . Ke depan, tarif tetap tersedia dengan syarat dan ketentuan berlaku di loket KA Bandara,” sambung Eko. “Pembelian tiket promo hanya dapat dilayani go show mulai 3 jam sebelum di Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, Stasiun Solo Balapan, dan Stasiun Bandara Adi Sumarmo, dengan kuota perjalanan sesuai kapasitas tempat duduk 100 persen.”

Eko menambahkan, dengan hadirnya KA Bandara ini diharapkan dapat menjadi andalan masyarakat sebagai moda transportasi yang terintegrasi antara dan kereta api sehingga perjalanan lebih nyaman dan tepat waktu. Masyarakat juga dapat memilih perjalanan kereta yang beragam, sehingga bisa menyesuaikan penerbangan di Bandara Adi Sumarmo.