KA Bandara Yogyakarta Kembali Beroperasi, Ini Jadwalnya

Kereta Bandara Yogyakarta kembali beroperasi - antaranews.com

YOGYAKARTA – Setelah sekitar lima bulan berhenti akibat pandemi , (PT KAI) DAOP 6 Yogyakarta kembali mengaktifkan menuju Yogyakarta International Airport mulai Minggu (23/8) kemarin. Hingga akhir bulan Agustus 2020, setidaknya ada empat menuju bandara setiap harinya.

Dilansir dari Antara, KA Bandara Yogyakarta diberangkatkan pada pukul 08.35 WIB dan 15.05 WIB dari Stasiun Yogyakarta ke tujuan akhir Kebumen, dengan pemberhentian di Stasiun Wates dan Stasiun Wojo. Bagi yang menuju bandara, dapat berhenti di Stasiun Wojo untuk kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan bus. Sementara, dari Kebumen, kereta berangkat pada pukul 10.23 WIB dan 17.40 WIB dengan tujuan akhir Stasiun Yogyakarta.

“Kereta api ini termasuk kereta api lokal, sehingga penumpang tidak membutuhkan hasil rapid test COVID-19 non-reaktif,” jelas Manajer Humas PT KAI DAOP 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto. “Meski demikian, di Stasiun Tugu Yogyakarta juga masih membuka layanan rapid test COVID-19 untuk calon penumpang kereta api dengan terjangkau, yaitu Rp85.000.”

Layanan tersebut untuk memfasilitasi calon penumpang kereta api jarak jauh yang wajib menunjukkan surat bebas COVID-19, salah satunya melalui hasil non-reaktif rapid test. Sejumlah perjalanan kereta api jarak jauh di wilayah kerja PT KAI DAOP 6 Yogyakarta memang sudah kembali dioperasionalkan, di antaranya KA Jaka Tingkir relasi Purwosari-Pasar Senen, KA Progo relasi Lempuyangan-Pasar Senen, KA Lodaya relasi Solo Balapan-Bandung, KA Argo Lawu relasi Solo Balapan-Gambir, KA Gajahwong relasi Lempuyangan-Pasar Senen, dan KA Taksaka relasi Yogyakarta-Gambir.

“Selama di perjalanan pun, kami berkomitmen menjalankan protokol kesehatan secara ketat sebagai upaya mengantisipasi potensi penularan virus,” lanjut Eko. “Setiap penumpang diwajibkan memakai , tidak sedang demam atau suhu di bawah 37,3 derajat Celcius, menjaga jarak, mengenakan face shield, dan dianjurkan mengenakan pakaian lengan panjang.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*