KA Blora Jaya New Image Resmi Beroperasi, Tarif Mulai Rp 35 Ribu

Wiwik Widayanti, Executive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang - www.solopos.com
Wiwik Widayanti, Executive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang - www.solopos.com

– PT Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang akhirnya mengoperasikan (KA) Blora Jaya kelas New Image. Penggantian rangkaian kereta lama ini dilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat untuk naik moda transportasi . KA New Blora Jaya jurusan Semarang-Cepu ini beroperasi untuk pertama kalinya di Poncol, Rabu (5/7).

“Mulai Rabu (5/7) KA Blora Jaya Semarang Poncol-Cepu pergi pulang, menjadi New Blora Jaya dengan menggunakan rangkaian kereta kelas Ekonomi New Image. Semula Kereta Api Blora Jaya dilayani dengan rangkaian Kereta Rel Diesel (KRD) di mana kondisinya kurang andal,” ujar Wiwik Widayanti, Executive Vice President Daop 4 Semarang, seperti dilansir Suara Merdeka.

Kereta ekonomi new image ini menggantikan rangkaian lama yang masih memakai jenis Kereta Rel Diesel (KRD). Susunan kursinya sudah menggunakan sandaran tegak 90 derajat dan konfigurasi 2-2. Yang lebih menarik lagi, di dalam kereta sudah dilengkapi 2 buah TV LED yang berada di tengah setiap rangkaian kereta. Kabin bagasi pun dirancang seperti kabin pada kereta eksekutif.

“Setiap kereta dilengkapi televisi sebanyak dua buah TV LED yang terletak di bagian tengah kereta dengan menayangkan film box office dan siaran televisi KA TV. Tempat duduk di desain dengan konfigurasi 2-2 serta dilengkapi colokan listrik untuk aktivitas elektronik,” paparnya.

Jika sebelumnya jumlah rangkaian KRD hanya 393 tempat duduk, maka kini rangkaian KA Blora Jaya New Image sudah memiliki kapasitas yang lebih besar, yaitu 544 tempat duduk dan di dalamnya juga tersedia kursi khusus kaum difabel.“Kereta ini dari sisi waktu tempuh lebih cepat, yang semula menggunakan rangkaian dengan KRD dengan waktu tempuh 2 jam 51 menit. Kini dengan rangkaian Ekonomi New Image bisa ditempuh dalam waktu 2 jam 24 menit,” ungkap Wiwik.

KA New Blora Jaya untuk dari Semarang Poncol/Semarang Tawang dengan tujuan akhir Cepu atau sebaliknya dibanderol Rp 50 ribu, sedangkan Semarang Poncol/Semarang Tawang dengan tujuan Ngrombo dan dari Cepu tujuan Randublatung, Doplang, atau Kradenan harga tiketnya Rp 35 ribu. KA New Blora Jaya bisa dipesan hingga 30 hari sebelum keberangkatan di channel-channel resmi KAI.