KA Bogowonto Tambahan Segera Beroperasi Layani Mudik Relasi Yogyakarta-Pasar Senen

Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto

Yogyakarta – PT Indonesia (KAI) akan segera mengoperasikan yang telah dipesan dari untuk 2017. Dari 6 KA yang dipesan oleh , nantinya 4 rangkaian kereta dipastikan akan menjadi untuk melayani pemudik saat Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Menurut Senior Manager Angkutan PT KAI Daop 6, Kristina Octaviana, Yogyakarta-Pasar Senen direncanakan sebagai salah satu yang akan dilayani oleh kereta tambahan tersebut. “Ini nanti direncanakan pakai nama Bogowonto tambahan. Meski ini nanti kelas ekonomi, tapi settingan gerbongnya berbeda. Bakal lebih nyaman karena tempat duduk juga lebih longgar,” ujar Kristina seperti dikutip dari Tribunnews.

Sayangnya Kristina masih belum bersedia menyebutkan jumlah kapasitas tempat duduk yang tersedia apabila kereta Bogowonto tambahan tersebut resmi dioperasikan. Ia hanya mengatakan bahwa 6 rangkaian kereta yang dipesan dari PT INKA nantinya bisa beroperasi untuk angkutan Lebaran.

Sementara itu Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budianto mengatakan jika arus mudik telah habis kecuali untuk rute yang lawan arus. Hingga kini lawan arus mudik baru terjual sekitar 40%. Eko juga mengimbau masyarakat untuk memantau status ketersediaan lewat portal KAI atau channel-channel resmi KAI.

Meski demikian, telah disediakan 6 KA tambahan yang melayani berbagai relasi seperti Yogyakarta-Jakarta, Yogyakarta-Surabaya, Solo-Jakarta, dan Solo-Bandung. Kereta-kereta yang dioperasikan sebagai kereta tambahan adalah KA Sancaka, Lodaya, Taksaka, dan Argolawu. “KA tambahan ekstra lebaran akan beroperasi mulai 14 Juni hingga 6 Juli. Namun bisa diperpanjang sesuai animo masyarakat,” ujarnya.

Jumlah penumpang yang dapat diangkut dengan kereta tambahan adalah sekitar 3.154 penumpang tiap harinya. “Sementara untuk kereta api reguler sebanyak 9.992 penumpang per harinya sehingga total penumpang yang bisa diberangkatkan sebanyak 13.146 penumpang per hari,” tandas Eko.