KA Dolok Martimbang Rute Medan-Pematangsiantar Resmi Beroperasi, Harga Tiket Mulai Rp 100 Ribu

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut M. Ilud Siregar
Manager Humas PT KAI Divre I Sumut M. Ilud Siregar - sumatra.bisnis.com

Medan (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara mulai mengoperasikan KA Dolok Martimbang mulai tanggal 5 Mei 2019. Kereta tersebut melayani kelas untuk Medan-Pematangsiantar.

Manager Humas Divre I , M Ilud Siregar menjelaskan bahwa jumlah penumpang KA Ekonomi Sireks (Siantar Ekspres) yang selalu banyak, terutama di akhir pekan menjadi alasan mengapa pihak KAI Divre I akhir mengambil langkah untuk mengoperasikan KA Dolok Martimbang kelas bisnis di rute tersebut. “KA Dolok Martimbang dengan jumlah kursi tersedia sebanyak 320. Kereta hanya di hari Minggu,” beber Ilud, Sabtu (4/5), seperti dilansir Sumutnews.

Lebih lanjut Ilud menjelaskan bahwa KA Dolok Martimbang beroperasi menggunakan 5 rangkaian kereta serta memiliki keberangkatan dari Medan pada pukul 09.30 WIB kemudian tiba di Siantar jam 13.42 WIB. Selanjutnya, dari Siantar akan berangkat lagi pada pukul 18.15 WIB dan sampai di Medan pada pukul 21.49 WIB.

“Tarif KA Dolok Martimbang untuk tahap awal atau mulai 5 hingga 19 Mei 2019 sebesar Rp 100.000 per orang. Selanjutnya harga ditetapkan sesuai tarif batas bawah dan tarif batas atas sebesar Rp 105.000, dan dapat berubah sewaktu-waktu,” ungkap Ilud.

Dengan dioperasikannya KA Dolok Martimbang di rute Medan-Pematangsiantar ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin melakukan dengan kereta api, terutama di akhir pekan. Sementara itu, untuk saat ini KA Siantar Ekspres dengan 3 rangkaian kereta beroperasi sebanyak 1 kali sehari dan di dalamnya memiliki kapasitas sebanyak 318 kursi.

Dari 318 tempat duduk yang disediakan oleh pihak KAI Divre I Sumut untuk KA Sireks, tingkat okupansi atau keterisian kursi pada hari Minggu selalu ramai dan bisa mencapai lebih dari 100 persen. “Untuk itu manajemen mengoperasikan KA Bisnis Dolok Martimbang,” tandas Ilud.