KA Ekonomi Rasa Premium Bakal Beroperasi 15 Juni Mendatang

JAKARTA – Enam rangkaian rasa premium buatan PT Industri (INKA) dipastikan akan beroperasi pada tanggal 15 Juni 2017 mendatang. Kereta tambahan dengan kapasitas 8.448 kursi ini disediakan guna mengantisipasi lonjakan ketika arus yang diprediksi meningkat sebesar 4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Hingga berita ini diturunkan, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mengaku telah menerima lima rangkaian dari enam rangkaian kereta api yang telah dijanjikan. Masing-masing rangkaian kereta dari ini terdiri dari delapan dan telah melalui uji statis dan uji dinamis. Uji coba dinamis sendiri dilakukan dengan mengoperasikan rangkaian kereta di Parahyangan.

“Kami sudah melakukan uji coba dinamis dengan mengoperasikan rangkaian kereta tersebut di rute Parahyangan,” jelas Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Prasetyo Boeditjahjono seperti dilaporkan Detik. “Masing-masing rangkaian kereta api terdiri dari delapan gerbong dan memiliki kapasitas 8.448 tempat duduk.”

Rangkaian kereta rasa premium tersebut memang sengaja dioperasikan untuk kebutuhan mudik Lebaran tahun ini. Prasetyo memperkirakan, penumpang kereta api selama masa angkutan Lebaran H-10 sampai H+15 atau 27 hari bakal meningkat sebanyak 4 persen atau menjadi 6,7 juta penumpang.

Enam rangkaian kereta ekonomi premium itu nantinya akan melayani delapan relasi perjalanan. Di antaranya KA Bogowonto jurusan Pasar Senen-Lempuyangan dan sebaliknya, KA Gayabaru Malam jurusan Pasar Senen-Surabaya Gubeng dan sebaliknya, KA Tawang Jaya jurusan Pasar Senen-Semarang Tawang dan sebaliknya, serta KA Mantab jurusan Madiun-Pasar Senen dan sebaliknya.

Berbagai fasilitas kelas atas bakal disematkan pada kereta api ini seperti lampu baca, AC, kursi yang dapat direbahkan ke belakang, kamera CCTV, serta interior yang lebih bagus dibandingkan KA kelas ekonomi. Kereta api tersebut juga menyediakan tempat duduk bagi penumpang berkebutuhan khusus atau difabel, yaitu sebanyak 64 kursi.