KA Galunggung Rute Bandung-Tasikmalaya Meluncur, Tiketnya Gratis Selama Sebulan

Edi Sukmoro, Direktur Utama PT KAI - beritatrans.com
Edi Sukmoro, Direktur Utama PT KAI - beritatrans.com

(KAI) resmi merilis (KA) Galunggung yang melayani Bandung-Tasikmalaya mulai hari Rabu, 26 Desember 2018 kemarin. Menariknya, dalam rangka mengapresiasi setia kereta api, PT KAI pun menerapkan gratis atau seharga Rp 0 untuk KA Galunggung.

“Selama 30 hari kami gratiskan. Kalau ada yang gratis, why not,” kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Stasiun Kiaracondong, Bandung, seperti dilansir Kompas. Rencananya, tarif normal baru mulai diberlakukan tanggal 26 Januari 2019 mendatang sebesar Rp 35.000 untuk jarak terjauh atau lebih dari 58 km, sedangkan untuk tarif parsial (0-58 kilometer) harga tiketnya Rp 25.000.

KA Galunggung sendiri adalah kereta ekonomi yang melayani dengan relasi Kiaracondong-Tasikmalaya pergi pulang (PP) yang terdiri dari 6 unit kereta ekonomi dengan kapasitas mencapai 636 seat atau tempat duduk. Perjalanan gratis KA Galunggung ini dapat dinikmati selama masa uji coba sejak tanggal 26 Desember 2018 sampai 25 Januari 2019.

“Meskipun gratis, calon penumpang tetap harus memiliki tiket yang bisa didapatkan di loket stasiun lintas, 7 hari sebelum ,” sambung Edi Sukmoro, Rabu (26/12). Untuk bisa naik KA Galunggung secara gratis, calon penumpang wajib membawa kartu identitas seperti KTP, SIM, atau paspor. KAI pun memberlakukan sistem kuota tempat duduk untuk KA Galunggung sejumlah 100%.

“Artinya, apabila kapasitas tempat duduk telah penuh, maka KAI akan menutup layanan ‘pembelian’ tiket KA tersebut,” papar Edi. Di samping itu, calon penumpang juga perlu memperhatikan bahwa 1 orang pengantre bisa melakukan transaksi pembelian maksimal sebanyak 4 tiket. Tiket gratis KA Galunggung ini juga tak bisa diubah .

KA Galunggung sendiri diambil dari nama gunung yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, yakni Gunung Galunggung. Gunung yang memiliki ketinggian 2.168 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini adalah salah satu gunung berapi aktif yang berada di kawasan Jawa Barat. Dengan adanya KA Galunggung ini PT KAI berharap bisa menambah minat wisatawan untuk datang ke wilayah tersebut.