KA Jaka Tingkir, KA Jurusan Solo – Jakarta yang Beroperasi Akhir Pekan

JOGJA – Pada akhir pekan selalu menjadi salah satu kota yang menjadi tujuan wisata utama di Indonesia. Kepadatan wisawatan domestik yang datang ke kota ini menjadi faktor utam bertambahnya permintaan darat khususnya . untuk melayani permintaan masyarakat ini Daop 6 Yogyakarta mengoperasikan .

“Selama ini permintaan terhadap angkutan kereta saat weekend sangat banyak dan okupansinya selalu tinggi. Untuk itu kami akan mulai operasikan KA Jaka Tingkir mulai 8 Desember besok,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 6 Jogja Agus Komarudin saat ditemuiharianjogja.com.

KA Jaka Tingkir merupakan KA AC nonsubsidi yang memiliki kapasitas 742 kursi. Tujuan utama kereta ini adalah Pasar Senen, berangkat dari Solo Jebres. KA ini hanya dioperasikan saat hari- hari tertentu saat permintaan angkutan tinggi.

“Kereta ini hanya akan melayani yang berangkat dari wilayah Daop 6 pada hari Minggu. Dan akan membawa dari Jakarta kembali menuju Jogja pada hari Senin,” papar Agus.

Agus mengungkapkan bahwa permintaan perjalanan baik dari Jakarta maupun sebaliknya selalu tinggi. Apalagi saat akhir pekan. Hampir semua kereta berbagai kelas selalu dipenuhi penumpang. Akibatnya banyak penumpang yang tidak terangkut.

“Rata-rata okupansi penumpang di hari-hari biasa bisa mencapai 80 persen. Sedangkan pada akhir pekan bisa mencapai 100 persen,” jelas Agus.

Dengan dioperasikannya KA Jaka Tingkir ini berarti menambah jumlah KA ekonomi AC tujuan Jakarta yang diberangkatkan dari wilayah Daop 6 Yogjakarta. Sebelum KA Jaka Tingkir telah ada KA lain seperti, KA Bengawan, KAProgo, KA Bogowonto, dan KA Gajah Wong. Kereta yang okupansinya msih tinggi setiap harinya adalah KA Bengawan.

“Sejak Rabu lalu KA Jaka Tingkir sudah terjual sekitar 10 persen. tiket kereta ini masuk golongan nonsubsidi yang dijual dengan Rp90.000,” tandas Agus.

KA Jaka Tingkir berangkat pada hari Minggu dari Stasiun Solo Jebres pukul 17.35 WIB dan dari Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan pukul 18.32 dan akan tiba di Pasar Senen pukul 04.54 WIB.

“Calon penumpang sudah dapat memesan tiket KA Jaka Tingkir ini sekarang dan dilayani agen, loket stasiun dan bisa juga melalui internet maupun minimarket,” kata Agus.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.