Tiket Rp70 Ribuan, KA Kaligung Kini Layani Semarang-Cirebon Prujakan

KA Kaligung
KA Kaligung yang sebelumnya hanya melayani relasi Semarang Poncol-Brebes PP, mulai bulan depan diperpanjang menjadi Semarang Poncol-Cirebon Prujakan PP - www.thecocopost.id

Beberapa waktu lalu, PT Kereta Api Indonesia () telah merilis Grafik Kereta Api (GAPEKA) yang mulai berlaku per tanggal 1 Desember 2019 mendatang. Khusus untuk Cirebon, selain perubahan sejumlah kereta api, GAPEKA 2019 ini juga memuat perpanjangan rute kereta api, salah satunya KA Kaligung.

Menurut akun Twitter resmi PT KAI, KA Kaligung yang sebelumnya hanya melayani Poncol-Brebes PP, mulai bulan depan diperpanjang menjadi Poncol-Cirebon Prujakan PP. Dari Poncol, kereta api berangkat pukul 05.00 WIB dan tiba di Cirebon Prujakan pukul 08.35 WIB. Untuk rute sebaliknya, bertolak pukul 09.10 WIB dan tiba di Kota Lumpia pada pukul 12.36 WIB.

Masih menurut sumber yang sama, KA Kaligung kelas ekonomi ini juga sudah bisa dipesan lewat aplikasi KAI Access, website resmi PT KAI, ata kanal resmi pemesanan lainnya. Berdasarkan situs resmi PT KAI, KA Kaligung relasi Semarang Poncol-Cirebon Prujakan sebesar Rp70.000 per orang, demikian juga harga untuk rute sebaliknya.

“GAPEKA 2019 mengganti GAPEKA 2017 yang sebelumnya sempat digunakan PT KAI,” jelas Vice President PT KAI DAOP 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi, dilansir Tribun Jabar. “Dalam GAPEKA 2017, ada 168 perjalanan kereta api yang melintas di wilayah DAOP 3 Cirebon, sedangkan tahun 2019 totalnya menjadi 192 perjalanan kereta api.” 

Tamsil menambahkan, calon agar memperhatikan jadwal dengan saksama karena jadwal maupun kedatangan akan berubah pada 1 Desember 2019 mendatang. Calon penumpang juga hendaknya datang ke stasiun lebih awal. Yang harus diingat adalah jangan berpedoman pada jadwal yang sudah biasa, calon penumpang harus memperhatikan jam KA yang tertera pada tiket. “Jika tertinggal, selain tiketnya hangus, juga akan sulit mencari tiket pengganti,” sambungnya.