KA Krakatau Ekspress Beroperasi Mulai 24 Juli 2013

Merak – Mulai tanggal 24 Juli 2013 kereta api (KA) Krakatau Ekspress dioperasikan. Ekspress ini dioperasikan dengan Merak – . KA ini digunakan untuk memudahkan pemudik lebaran.

Pengoperasian KA ini diharapkan dapat membantu para pemudik Lebaran yang turun dari kapal penyeberangan Merak – Bakauheni Lampung. Setelah turun dapat langsung membeli tiket Merak – Madiun.

Sebelumnya para penumpang yang ingin ke wilayah Jawa Tengah atau Jawa Timur harus naik kereta api dari Jakarta Kota, Senen atau Gambir. Dengan dioperasikannya KA Krakatau Ekspress ini penumpang dapat langsung membeli tiket tanpa harus ke tersebut.

“Kami terus memberikan pelayanan terbaik dengan membuka jalur Merak-Madiun,” jelas Kepala Stasiun Merak, M Badrus kepada Antara.

KA Krakatau Ekpress ini memiliki 8 gerbong dengan kapasitas jumlah penumpang sebanyak 1216 orang. KA ini akan berhenti di setiap stasiun besar termasuk Stasiun Rangkasbitung.

KA ini akan berangkat dari Stasiun Madiun pagi hari dan tiba di Stasiun Merak dini hari.

Pengoperasian KA ini disambut baik oleh para pemudik. Pemudik yang ingin ke Madiun tidak perlu membeli tiket ke Jakarta tetapi langsung dari Merak.

Tapi sayang soal KA Krakatau Ekspress ini belum ditetapkan hingga sekarang. Menurut Badrus jika tidak ada subsidi tiketnya Rp 185ribu. Jika ada subsidi tergantung kebijakan dari Kementrian Perhubungan.

 

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.