KA Krakatau Sekarang Jurusan Kediri – Merak

Minggu, 10 Novemer 2013 PT Indonesia (Persero) mulai mengoperasikan jurusan .

Peluncuran KA Krakatau ini dilaksanakan di Kediri. Jalur Kediri – Pasar Senen – Merak terdiri dari 11 gerbong, 8 gerbong diantaranya adalah gerbong .  “Sebelumnya kereta ini berangkat dari Madiun menuju Merak,” ujar Gatut Setiyatmoko, Manajer Humas Daop VII.

Penambahan KA Krakatau ini menjadi ke Stasiun Kediri karena untuk menjaring penumpang dari wilayah Kediri dan sekitarnya seperti Blitar, Tulungagung, Trenggalek dan Nganjuk.

KA Krakatau ini merupakan KA Kelas ekonomi yang memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi. KA ini bukan hanya dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC) saja namun gerbongnya juga tergolong bersih. Ditempat duduk didalam gerbong masih terbungkus plastik sehingga dapat menunjukka bahwa kereta ini dirawat dengan baik.

KA Krakatau ini memiliki jadwal pemberangkatan pada pukul 06.45 dari Kediri dan tiba di Merak pada pukul 01.39 WIB. Sedangkan jadwal pemberangkatan dari Merak pukul 08.45 WIB dan tiba di Kediri 02.45 WIB.

Dari 11 gerbong dalam KA Krakatau hanya delapan yang gerbong yang digunakan untuk mengangku penumpang. Posisi duduk yang saling membelakangi membuat kereta ini dapat mengangkut 448 penumpang.

Dengan menambah rute ini KA Krakataui diklain memiliki rute terpanjang dibandingkan dengan KA lainnya dengan panjang rute 868 kilomtere. Sedangkan rata-rata KA hanya menempuh jarak 700 kilometer.

Untuk waku tempuh juga bertambah panjang yang awalnya Madiun Merak hanya 17 jam namun sekarang karena dimulai dari Kediri menjadi 18 jam 40 menit.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.