Tahun Baru 2021, Ini KA Lokal dan KA Bandara yang Kembali Beroperasi

Kereta Bandara Solo kembali beroperasi - tribunnews.com

JAKARTA – Mengawali tahun 2021, PT Api Indonesia (PT KAI) kembali mengoperasikan perjalanan sejumlah lokal dan kereta . Sebelumnya, kereta api-kereta api tersebut harus berhenti beroperasi untuk sementara waktu lantaran Indonesia dilanda pandemi yang masih belum kelar hingga sekarang.

Dilansir dari akun Twitter resmi PT KAI, kereta api yang kembali melakukan perjalanan pada Januari 2021 ini adalah KA Batara Kresna relasi Purwosari-Wonogiri PP, KA Cut Mutia relasi Krueng Mane-Bungkaih-Krueng Geukueh PP, KA Rajabasa relasi Tanjungkarang-Kertapati PP, KA Lembah Anai relasi Bandara Minangkabau-Kayutanam PP, dan KA Walahar Ekspres relasi Purwakarta-Cikarang PP. Selain itu, juga ada KA Bandara Adi Soemarmo Solo dan KA Minangkabau Ekspres relasi Padang-Bandara Minangkabau PP.

“KA Batara Kresna kembali dijalankan guna melayani masyarakat yang akan bepergian dari Kota Solo menuju Kabupaten Wonogiri atau sebaliknya,” tutur Manajer Humas PT KAI DAOP 6 Yogyakarta, Supriyanto, dilansir dari INews. “KA Perintis Batara Kresna akan beroperasi d empat kali perjalanan setiap harinya.”

perjalanan relasi Purwosari-Stasiun Wonogiri adalah pukul 06.00 WIB dan 10.00 WIB. Sementara, jadwal keberangkatan relasi Stasiun Wonogiri-Stasiun Purwosari pada pukul 08.00 WIB dan 12.00 WIB. KA Batara Kresna juga akan berhenti di sejumlah stasiun, seperti Stasiun Solo Kota, Stasiun Sukoharjo, dan Stasiun Pasar Nguter.

Sementara itu, dengan pengoperasian KA Minangkabau Ekspres dan KA Lembah Anai, saat ini ada tiga kereta api yang telah beroperasi kembali di kawasan Sumatera Barat. Sebelumnya, KA Sibinuang rute Padang-Pariaman-Naras telah dioperasikan KAI Divisi Regional II pada bulan Agustus 2020 lalu. “Mulai Januari 2021, pilihan kereta api bagi masyarakat Sumbar semakin bertambah dengan pengoperasikan kembali KA Minangkabau Ekspres dan KA Lembah Anai,” ujar Kepala Humas KAI Divre II Sumbar, Ujang Rusen Permana.

“Tarif KA Minangkabau Ekspres tujuan Bandara Minangkabau masih tetap Rp10.000 dan KA Lembah Anai tetap Rp3.000. Setiap hari akan ada 12 perjalanan KA Minangkabau Ekspres dan 6 perjalanan KA Lembah Anai,” sambung Ujang. “ harus mematuhi protokol yang sudah ditetapkan seperti wajib memakai , kemudian suhu tubuh tidak lebih dari 37,3 derajat Celcius dan menjaga jarak.”