KA Mudik Gratis di Jawa Timur Mulai Dioperasikan H-4

Masyarakat Jawa Timur akhirnya bisa menikmati angkutan KA di musim tahun ini. Daop VII bekerjasama dengan Provinsi Jawa Timur akan segera mengoperasikan 2 jenis gratis dengan trayek Surabaya – Malang. Seluruh masyarakat bisa menikmati layanan ini tanpa terkecuali. “Siapapun boleh naik dengan gratis” tegas Eko Budianto, Manajer Humas Daop VII saat ditemui di Stasiun Kediri, kemarin (7/7).

Nantinya akan ada 2 kereta api regional yang dioperasikan secara gratis selama 6 hari berturut, yakni KA Rapih Doho dan . Kedua kereta ini akan dioperasikan mulai H-4 hingga H+2 lebaran, dengan rute Malang – Blitar – Tulungagung – Kertosono – Kediri – – Mojokerto – Surabaya (PP). Seluruh biaya operasional KA gratis ini ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Meski dioperasikan secara gratis, calon penumpang tetap diharuskan untuk membeli tiket seharga Rp 0 (gratis). Tiket ini nantinya diperlukan untuk mempermudah pengaturan tempat duduk agar tak saling berebut.

Saat ditemui oleh awak media, sejumlah calon penumpang KA di Stasiun Kediri mengaku lebih condong untuk menggunakan jasa angkutan KA ketimbang Bus. Selain karena alasan tarif, KA dinilai lebih aman dan minim kecelakaan dibandingkan bus, apalagi keberadaan pedagang asongan dan pengamen di dalam KA sudah sangat dibatasi. “Naik kereta api sekarang lebih nyaman,” tandas salah satu calon penumpang KA di Stasiun Kediri.