KA Mutiara Timur Pakai Rangkaian New Image untuk Natal & Tahun Baru

Suasana di dalam Kereta Api Mutiara Timur - detik.com

Jember (KA) Mutiara Timur yang melayani relasi -Surabaya memakai rangkaian kereta baru New Image menjelang masa angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Armada kereta dengan bodi stainless steel ini sengaja dioperasikan untuk meningkatkan dan kenyamanan pada para pengguna kereta api.

menggunakan rangkaian baru dengan ‘body’ yang terbuat dari stainless steel, sehingga diharapkan penumpang semakin nyaman menggunakan moda transportasi kereta api,” ucap Manajer Humas (KAI) Daerah Operasi 9 Luqman Arif, Sabtu (15/12), seperti dilansir Republika.

“Perubahan itu sebagai untuk memperbarui armadanya, meningkatkan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi pelanggan setia KA Mutiara Timur, khususnya menjelang masa angkutan Natal 2018 dan Tahun baru 2019,” sambung Luqman.

Susunan rangkaian KA Mutiara Timur Siang diubah menggunakan rangkaian kereta berbahan stainless steel mulai tanggal 16 Desember 2018. Sementara itu, untuk KA Mutiara Timur Malam perubahan rangkaian dilakukan 18 Desember 2018.

Adapun rangkaian KA Mutiara Timur New Image terdiri dari 4 kereta kelas eksekutif, 3 kereta kelas ekonomi, 1 kereta makan, dan 1 kereta pembangkit dengan kapasitas 392 tempat duduk. “Kapasitasnya sebanyak 64 tempat duduk untuk setiap gerbong dan setiap rangkaian kereta ada dua toilet yang disediakan, sedangkan rangkaian lama hanya satu toilet di setiap gerbong, sehingga diharapkan semakin meningkatkan pelayanan terhadap penumpang pengguna jasa kereta api,” tutur Luqman.

Okupansi atau tingkat keterisian KA Mutiara Timur selama ini pun cukup bagus. Pada weekday atau hari biasa rata-rata terisi hingga 80%. Sementara itu, ketika weekend dan hari libur okupansinya hampir 100% dari keseluruhan tempat duduk yang tersedia. Meskipun mengalami pergantian rangkaian, jadwal keberangkatan dari KA Mutiara Timur tidak berubah atau masih sama seperti sebelumnya.

“Untuk KA Mutiara timur siang berangkat Banyuwangi baru pada jam 09.00, sedang KA Mutiara timur malam berangkat Banyuwangi baru pada pukul 22.00 WIB,” jelas Luqman. Demikian halnya dengan kereta pun masih tetap tidak berubah. Tetapi karena termasuk kereta kelas komersial, maka tarifnya mengacu pada aturan batas bawah dan atas. “Kalau kereta api kelas ekonomi tarifnya flat,” tandasnya.