KA Perintis Rute Lubukalung-Kayutanam Diresmikan, Tarif Tiket Rp 3 ribu

Padang – PT Indonesia (KAI) dan Kementerian Perhubungan meresmikan KA Perintis Railbus Lubukalung-Kayutanam di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Selasa (1/11). Peresmian tersebut dihadiri Kementerian Perhubungan Prasetyo Buditjahjono, Direktur Utama Edi Sukmoro, dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Kereta perintis railbus memiliki kapasitas 160 (78 orang dengan tempat duduk dan 82 orang tanpa tempat duduk) dalam sekali perjalanan dengan waktu tempuh 38 menit untuk jarak tempuh 20 km.

KA Perintis Railbus menerapkan dengan harga yang relatif murah untuk masyarakat, yakni Rp 3.000. Tarif murah tersebut untuk menarik minat masyarakat agar bersedia naik kereta api sebagai salah satu sarana mereka.

Edi Sukmoro mengungkapkan bahwa beroperasinya KA Perintis Railbus ini adalah salah satu dari untuk masyarakat. “Kami berharap pengoperasian Kereta Api Perintis ini dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat Padang dan sekitarnya akan moda transportasi massal yang nyaman, aman, dan bebas macet,” ujar Edi.

Selama bulan Juli-Agustus lalu PT KAI telah melakukan uji coba kelayakan rute Lubukalung-Kayutanam. KA yang dinamakan Lembah Anai ini akan dioperasikan 4 kali sehari dan berhenti di Kayutanam, Sicincin, dan Lubukalung.

keberangkatan KA 1 rute Kayutanam-Lubukalung berangkat dari Stasiun Kayutanam pukul 05.50 WIB dan tiba di Stasiun Lubukalung pukul 06.28 WIB. Sedangkan KA 2 rute Lubukalung-Kayutanam berangkat dari Stasiun Lubukalung pukul 07.05 WIB dan sampai di Kayutanam jam 07.43.

Lalu KA 3 rute Kayutanam-Lubukalung berangkat dari Kayutanam jam 13.50 WIB dan sampai di Lubukalung pukul 14.28 WIB. Kemudian yang terakhir KA 4 rute Lubukalung-Kayutanam berangkat dari Lubukalung pukul 15.15 WIB dan tiba di Kayutanam pukul 15.53 WIB.