KA Singasari Relasi Blitar-Pasar Senen Kini Dilengkapi Rangkaian Kereta Kelas Eksekutif

KA Singasari - malangtoday.net
KA Singasari - malangtoday.net

Madiun – Mulai Kamis (1/11) lalu, PT Indonesia (KAI) Daerah Operasional 7 Madiun menambah 1 rangkaian kelas untuk KA Singasari Blitar-Pasar Senen Jakarta. Uji coba penambahan kelas eksekutif tersebut dilaksanakan selama 5 hari, mulai tanggal 1-5 November 2018 mendatang.

Menurut Manager Humas Daop 7 Irfan Hendriwintoko, KAI sengaja menambah rangkaian kereta kelas eksekutif berdasarkan permintaan para yang berasal dari Kota Blitar. “Penambahan ini bertujuan meningkatkan karena ada beberapa permintaan dari . Kebetulan rangkaiannya ada,” ujar Ixfan, Jumat (2/11), seperti dilansir Tempo.

“Sebelumnya, rangkaian KA Singasari hanya terdiri dari 8 kereta kelas 3 AC, 1 kereta makan, dan 1 kereta pembangkit. Kapasitasnya sekitar 640 tempat duduk. Nah sekarang dengan ditambah 1 kereta kelas eksekutif kapasitas akan bertambah menjadi 690 tempat duduk atau bertambah 50 tempat duduk,” sambung Ixfan.

Rata-rata penumpang KA Singasari setiap harinya mencapai 270 orang dan diharapkan dapat terus meningkat. “Kami berharap penumpang dapat meningkat dan terpenting lagi kami dapat mengakomodir pelanggan yang ingin naik kelas eksekutif di KA Singasari,” ungkap Ixfan.

Penambahan rangkaian kereta kelas eksekutif pada KA Singasari ini rencananya bakal dilakukan secara parsial, yakni pada hari Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu, dan Senin. “Kami akan ujicoba selama 5 hari ini dulu, mulai tanggal 1 sampai 5 November. Selanjutnya akan kita evaluasi perkembangannya. Jika memang antusiasme pelanggan meningkat, kemungkinan akan dirangkaikan tiap hari atau reguler,” terang Ixfan.

Apabila proses uji coba penambahan kereta kelas eksekutif pada KA Singasari ini dinilai berhasil, yang ditandai dengan meningkatnya antusiasme pelanggan, maka kemungkinan akan menerapkannya setiap hari usai melalui tahap evaluasi. Pembelian kelas eksekutif untuk KA Singasari pun sudah dilayani sejak Rabu, 31 Oktober 2018 lalu untuk keberangkatan tanggal 1-5 November 2018.