KA Sribiliah Medan-Rantau Prapat Kini Gunakan Rangkaian Eksekutif

Twitter Kereta Api Indonesia - twitter.com
Twitter Kereta Api Indonesia - twitter.com

MEDAN – Kabar gembira bagi masyarakat Medan yang sering bepergian menggunakan api. Pasalnya, mulai tanggal 10 September 2019 kemarin, rangkaian KA Sribiliah Medan-Rantau Prapat PP menggunakan rangkaian eksekutif. Sebelumnya, ini menggunakan rangkaian premium, yang sebenarnya diklaim sekelas eksekutif namun dengan .

“Horas! Kenyamanan perjalanan #SahabatKAI di Medan & sekitarnya, yang rutin naik KA Sribilah (Medan-Rantau Prapat PP) makin dimanjakan,” tulis dalam akun Twitter resmi mereka. “Mulai 10 September 2019, menggunakan rangkaian eksekutif. Jadi, gak ada alasan lagi untuk tidak naik KA di setiap kegiatanmu #AyoNaikKereta.”

KA Sribiliah sendiri pertama kali diluncurkan oleh PT KAI Divisi Regional I Sumatera Utara pada tanggal 24 Maret 2018 lalu untuk meningkatkan pelayanan kepada . Kereta api yang dilengkapi fasilitas mewah tetapi dengan tarif relatif murah tersebut diharapkan bisa semakin menarik minat masyarakat untuk menggunakan kereta api.

“Kereta dengan 9 gerbong (8 gerbong penumpang dan satu kereta pembangkit) ini memiliki kelebihan dibandingkan kelas maupun kelas ekonomi yang beroperasi saat ini,” tutur Vice President PT KAI Divre I Sumut, Rusi Haryono, dilansir Antara. “Di setiap gerbong dengan kapasitas 80 penumpang misalnya dilengkapi tiga televisi.”

Desain interior dan fasilitas juga mewah, seperti ada AC, lampu baca, kursi atau tempat duduk yang bisa disetel, dan dilengkapi CCTV untuk memastikan keamanan penumpang. Menurut Rusi, fasilitas KA Sribilah tidak berbeda jauh dengan yang ada di kereta api kelas eksekutif sehingga bisa disebut KA Sribilah premium, merupakan kereta api rasa eksekutif, tetapi harga ekonomi.

Saat pertama kali diluncurkan, PT KAI Divre I Sumut mematok harga KA Sribilah rute Medan-Rantau Prapat sebesar Rp100.000 per orang, atau lebih murah dibandingkan rangkaian bisnis yang sebelumnya Rp135.000. KA U48 relasi Medan-Rantau Prapat berangkat pukul 15.05 WIB, sedangkan KA U49 rute sebaliknya bertolak pada pukul 23.10 WIB.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*