KA Tambahan Libur Idul Adha Banjir Peminat, Ini Tiket yang Tersisa

Senior Manager Humas PT KAI DAOP I Jakarta, Suprapto - news.akurat.co

JAKARTA – Seperti diberitakan sebelumnya, untuk menyongsong yang bertepatan dengan long weekend, PT Indonesia () DAOP I Jakarta bakal mengoperasikan 15 kereta tambahan dari Gambir dan Pasar Senen. Namun, karena minat masyarakat yang tinggi, KA yang tersisa hingga berita ini diturunkan tinggal 25 persen dari total yang dijual.

“Minat masyarakat yang tinggi sudah terlihat dari mulai terjual habisnya di tanggal-tanggal favorit, yakni tanggal 30 Agustus sampai dengan 1 September 2017,” jelas Senior Manager Humas PT KAI DAOP I Jakarta, Suprapto. “Tiket yang tersisa pun hanya di kisaran rata-rata 25 persen dari total tiket yang dijual.”

Dijelaskan Suprapto, KA keberangkatan dari Stasiun Gambir yang telah mencapai okupansi 100 persen untuk keberangkatan pada hari Rabu (30/8) dan Kamis (31/8), yaitu KA Argo Anggrek Pagi dan Malam tujuan Surabaya Pasarturi, Argo Lawu dan Argo Dwipangga jurusan Solobalapan, KA Sembrani tujuan Surabaya Pasarturi, KA Bima dan Gajayana tujuan Malang, KA Taksaka Pagi dan Malam tujuan Yogyakarta, KA Argo Jati dan Cirebon Ekspres tujuan Cirebon, serta KA Purwojaya tujuan Cilacap. Sementara, tiket KA Argo Parahyangan tujuan Bandung masih tersisa.

Adapun untuk keberangkatan pada Jumat (1/9) dari Stasiun Gambir, tiket yang mencapai okupansi 75 persen sampai 85 persen adalah KA Argo Anggrek Malam tujuan Surabaya Pasarturi, Argo Lawu jurusan Solobalapan, KA Sembrani tujuan Surabaya Pasarturi, KA Gajayana tujuan Malang, KA Taksaka Malam tujuan Yogyakarta, Argo Sindoro jurusan Semarang Tawang, KA Bangunkarta tujuan Surabaya Gubeng, serta KA Purwojaya tujuan Cilacap.

“Sementara dari Stasiun Pasar Senen, untuk keberangkatan Rabu dan Kamis besok, hampir semua KA sudah mencapai okupansi 100 persen, kecuali KA Mataram Premium,” sambung Suprapto. “Sementara, untuk keberangkatan hari Jumat, tiket yang tersisa tinggal KA Mataram Premium, KA Gumaran, KA Gaya Baru Malam Selatan Premium, dan KA Menoreh.”

Suprapto menjelaskan bahwa data sisa tempat duduk akan selalu berubah dalam hitungan detik, dikarenakan sistem ticketing. Pengguna jasa kereta api bisa melihat langsung ketersediaan tempat duduk tersisa melalui website resmi PT KAI di alamat tiket.kai.id atau via channel-channel eksternal yang telah bekerja sama dengan perusahaan.