KAI Buka Jalur Perintis Sidoarjo-Mojokerto, Harga Tiket Rp 4.000

Surabaya () Daop 8 Surabaya membuka jalur perintis baru, yaitu dari ke , Jawa Timur. Pembukaan jalur perintis baru ini dilakukan untuk mengakomodir banyaknya permintaan masyarakat yang mencari nafkah di kedua wilayah tersebut.

Menurut Kepala Humas Daop 8 Gatut Sutiyatmoko, jalur perintis Sidoarjo-Mojokerto akan menggunakan KA Jenggolo dan tarif sekali jalan hanya dipatok sekitar Rp 4.000 saja. “ Sidoarjo-Jenggolo yang merupakan jalur pendek hanya melewati empat stasiun yakni Stasiun Sidoarjo-Tulangan-Tarik dan Mojokerto,” ujarnya, Jumat (17/3).

Selama masa percobaan dalam seminggu terakhir, tingkat keterisian atau okupansi rute tersebut pada hari biasa tidak mencapai 80%. Akan tetapi, ketika hari libur okupansinya bisa mencapai 100%. Sebelumnya Daop 8 Surabaya juga meluncurkan program bernama KAI Friendly, yaitu promo tiket murah khusus untuk rombongan ke sejumlah tujuan wisata.

Promo hasil kerjasama dengan agen perjalanan Fastravel ini berlangsung mulai 9 Maret – 30 April 2017 dengan potongan tiket antara 10-15%. Lebih lanjut Kepala KAI Daop 8 Surabaya, Andika Tri Putranto mengungkapkan jika promo itu diberikan sebagai komitmen perusahaan untuk memberi layanan prima pada para pelanggan.

Tak hanya kereta penumpang, KAI Daop 2 Bandung juga akan mengoperasikan kereta angkutan barang dari Terminal Petik Kemas (TPK) Cibungur, Purwakarta menuju Stasiun Indro, Surabaya. “Uji coba dengan keberangkatan dari TPK Cibungur mengangkut pupuk milik PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC) dengan tujuan Stasiun Indro Surabaya. Sekembalinya dari Indro, kereta barang membawa angkutan semen dari PT Semen Indonesia dengan tujuan TPK Cibungur,” kata Manager Humas KAI Daop 2, Joni Martinus.

Dalam sekali jalan, kereta barang tersebut sanggup mengangkut sekitar 840 ton atau sekitar 40 TeUS menggunakan 20 Datar (GD). “Adapun keberangkatan dari TPK Cibungur adalah setiap hari Kamis dan Senin pukul 11.30 WIB tiba di Indro pukul 01.35 WIB. Sedangkan untuk keberangkatan dari Stasiun Indro adalah hari Jumat dan Selasa pukul 17.55 WIB tiba di Stasiun Cibungur pukul 07.30 WIB, total waktu tempuh sekitar 14 jam,” jelas Joni.