KAI Buka Lowongan Kerja Jadi Pramugara/Pramugari, Ini Syaratnya

Suprapto (Humas PT KAI Daop IV Semarang)
Suprapto (Humas PT KAI Daop IV Semarang)

Jakarta – Anak perusahaan PT Indonesia (KAI), PT Reska Multi Usaha membuka lowongan kerja sebagai train attendant atau pramugara dan pramugari kereta. Lowongan tersebut terbuka bagi calon pelamar laki-laki maupun perempuan yang berusia minimal 18 tahun dan maksimal 27 tahun pada 1 September 2017 mendatang.

Persyaratan lain yang diminta adalah, tinggi badan minimal 170 cm untuk pria dan 160 cm untuk calon pelamar wanita dengan berat badan ideal. Lowongan ini berlaku bagi masyarakat dengan minimal lulusan SMA atau sederajat dengan rata-rata Nilai Ujian Nasional sebesar 6,00. Penempatan wilayah kerja calon pramugara dan pramugari kelak diutamakan untuk dan .

Pihak PT Reska Multi Usaha juga mewajibkan calon pelamar sehat jasmani dan rohani, dengan surat keterangan sehat dari klinik kereta api. Kemudian pelamar harus berstatus masih lajang dan bersedia untuk tidak menikah selama menjadi pramugara dan pramugari kereta api.

Pelamar pun tak diizinkan bertato, baik untuk pria dan wanita, serta dilarang bertindik bagi pelamar pria. Apabila memenuhi syarat dan tertarik melamar sebagai pramugara atau pramugari, masyarakat dapat mengisi formulir melalui situs resmi Reska di reska.co.id/new/karir.php.

Calon pelamar wajib melampirkan berkas untuk verifikasi berupa fotokopi KTP, surat lamaran dan curriculum vitae (CV), formulir lamaran pekerjaan (form PR.03a) yang telah ditempel foto ukuran 4 x 6 cm dan foto ukuran kartu pos tampak seluruh badan, fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang telah dilegalisir, fotokopi ijazah SMA atau sederajat dengan Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHUN) yang sudah dilegalisir, fotokopi Kartu Keluarga (KK), dan surat keterangan sehat dari klinik kesehatan kereta api.

Berkas-berkas persyaratan tersebut kemudian dimasukkan dalam map kuning berlubang sesuai urutan yang telah disebutkan. Nama kandidat atau calon pelamar juga harus disertakan dengan cara ditempel di bagian depan stopmap. Lowongan sebagai pramugara/pramugari ini berakhir pada tanggal 9 Agustus 2017.

Sebelumnya juga melakukan rekrutmen untuk lulusan SMA dan sederajat untuk sejumlah posisi, yakni Calon Masinis, Pengatur Perjalanan Kereta Api, Pengawas Peron, Petugas Rumah Sinyal, Petugas Wesel, Petugas Langsir, Petugas Pemeliharaan Sintelis, Petugas Pemeliharaan Sarana, serta Petugas Pemeliharaan dan .

“Dalam perekrutan ini PT KAI tidak pernah memungut biaya apapun. Bagi para pelamar dimohon untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan rekrutmen serta PT KAI tidak menerima lamaran dalam bentuk surat menyurat,” ujar Suprapto, Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, seperti dilansir Tempo.