PT KAI Operasikan Kereta Barang dari Gresik ke Jakarta

Dadan Rudiansyah, EVP Corporate Secretary KAI - bisnisnews.id
Dadan Rudiansyah, EVP Corporate Secretary KAI - bisnisnews.id

Gresik – PT Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya berupaya untuk meningkatkan di Jawa Timur dengan membuka KA barang dari Stasiun Indro Kabupaten Gresik menuju Stasiun Pasoso Jakarta, pada hari Jumat (15/10) kemarin.

Direktur Niaga PT KAI, Dadan Rudiansyah mengungkapkan bahwa Angkutan Barang Petikemas Relasi Stasiun Indro ke Stasiun Pasoso Jakarta tersebut diberi nama “INDOPRIUK CARGO” yang diambil dari relasi dan angkutannya. “Kami informasikan bahwa angkutan barang ini sudah melalui uji coba operasi mulai dari tanggal 11 Oktober 2021 dan akan menempuh perjalanan kurang lebih 797.9 Km dengan waktu tempuh sekitar 14 jam. Rangkaian KA Barang ini sebanyak 30 gerbong datar bermuatan multikomoditi dengan berat 1200 ton,” jelas Dadan, seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut Dadan menjelaskan bahwa peluncuran angkutan barang tersebut adalah tindak lanjut dari perjanjian kerja sama angkutan barang antara PT KAI dengan PT Damar Alam Selaras (DAS). “Peluncuran sore hari ini juga merupakan kebangkitan kembali angkutan barang yang pernah beroperasi dengan keberangkatan dari Stasiun Indro beberapa tahun yang lalu yang sempat berhenti,” beber Dadan.

PT KAI menargetkan, angkutan barang tersebut untuk 3 bulan pertama diharapkan dapat mengangkut sebanyak 650 Teus dan kemudian mengangkut 750 Teus. “Menimbang bahwa Gresik ini merupakan kota yang mempunyai potensi angkutan barang yang bagus, sehingga harapan angkutan ke depannya bisa minimum mencapai 1550 teus per bulan,” jelasnya.

PT KAI berupaya untuk mendukung kebutuhan masyarakat maupun industri pabrik dalam melakukan pengiriman barang menggunakan transportasi di wilayah Kabupaten Gresik. Banyak keuntungan yang didapatkan pelaku usaha bila mengirimkan barang dengan menggunakan moda angkutan berbasis rel, seperti murah, cepat, aman, tepat waktu, bebas pungli, kapasitas besar, terpantau, ramah lingkungan, fleksibel, multikomoditi, pembayaran mudah, dan berasuransi. 

“KAI menghadirkan angkutan barang dengan kereta api pada titik-titik strategis, seperti pelabuhan dan kawasan industri. Hadirnya jalur tersebut bertujuan agar para pelaku usaha lebih mudah mengakses layanan angkutan kereta api. Semoga dengan terlaksana dan beroperasinya angkutan barang INDOPRIUK CARGO dapat memberikan dampak positif bagi para stakeholders, masyakarat, Industri, setempat dan penyedia logistik lainnya,” tutur Dadan.