KAI Daop 1 Jakarta Tambah 4 Trainset untuk Relasi Yogyakarta, Bandung, & Surabaya

Empat rangkaian kereta tambahan bagi KAI Daerah Operasi 1 Jakarta - www.cnnindonesia.com
Empat rangkaian kereta tambahan bagi KAI Daerah Operasi 1 Jakarta - www.cnnindonesia.com

Jakarta – Tahun 2018 ini (KAI) Daop 1 Jakarta akan menambah 4 rangkaian kereta (trainset) jarak jauh untuk melayani dari Jakarta ke Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya.

Executive Vice President KAI Daerah Operasi 1 Dadan Rudiansyah mengungkapkan bahwa pihaknya sengaja menambah rangkaian kereta lantaran jumlah dari Jakarta ke sejumlah destinasi tersebut, terutama Bandung ternyata cukup tinggi. tersebut juga diakibatkan karena hingga kini Light Rail Transit (LRT) masih bergulir dan menimbulkan kemacetan di jalan tol Cikampek.

“Total yang kami usulkan kepada KAI pusat ada empat trainset yang didapatkan dan diharapkan bisa beroperasi untuk relasi Lempuyangan di Yogyakarta dan Bandung,” papar Dadan di Manggarai, Jakarta, Kamis (1/2), seperti dilansir Antara.

Bulan Maret depan kabarnya akan memperoleh pengadaan 10 trainset tambahan, 4 di antaranya akan dioperasikan di wilayah kerja Daop 1 Jakarta. Untuk relasi Pasar Senen-Lempuyangan (Yogyakarta), Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan pengadaan kereta baru yang diproduksi oleh PT INKA dengan usulan nama KA Mataram Premium. Kereta ini nantinya akan menawarkan kelas .

Lebih lanjut Dadan memaparkan bahwa tren penggunaan kereta kelas justru mengalami penurunan, sebab masyarakat kini lebih memilih memakai kereta non penugasan (PSO) seperti kelas bisnis dan eksekutif. Daop 1 Jakarta ke depannya juga hendak menambah pada kereta jarak jauh kelas untuk menambah okupansi atau kapasitas penumpang. “Kami akan menambah kereta api rangkaian panjang, misalnya yang biasa satu rangkaian hanya delapan sampai 10 gerbong, kita tambah empat gerbong menjadi 14 gerbong,” ucap Dadan.

Sepanjang tahun 2017 lalu, PT KAI Daop 1 Jakarta telah memberangkatkan 18.566.930 penumpang yang meliputi penumpang KA kelas Eksekutif, Bisnis, Ekonomi, KA Lokal Eksekutif, KA Lokal Komersial, dan KA Lokal Non Komersial. Pada tahun 2018, KAI Daop 1 Jakarta menargetkan volume penumpang sebanyak 17.204.630, lebih rendah dari tahun lalu karena ada KA lokal yang dikurangi untuk dialihkan pada KRL Commuter Line hingga ke Cikarang dan Rangkas Bitung.