KAI Daop 6 Yogyakarta Operasikan 3 Rangkaian Kereta Baru untuk Mudik Lebaran 2018

Eko Budiyanto, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta - www.solotrust.com
Eko Budiyanto, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta - www.solotrust.com

Jakarta – Dalam rangka menyambut masa Lebaran 2018, PT Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta akan menyediakan 3 rangkaian baru untuk mendukung kegiatan . Tiga rangkaian baru tersebut meliputi 2 rangkaian kereta kelas dan 1 rangkaian kereta plus.

Dua rangkaian KA eksekutif yang baru akan dipakai untuk operasional KA Taksaka Malam dan KA Taksaka Pagi. Kedua rangkaian kereta api baru yang melayani relasi Tugu Yogyakarta-Jakarta (Gambir) ini bahkan telah beroperasi melayani sejak 3 April 2018 lalu. “Kereta yang lama diperbaiki,” ungkap Manajer Humas Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Kamis (5/4), seperti dilansir Antara.

Sementara itu, rangkaian kereta api kelas ekonomi plus akan dipakai pada KA Mataram Premium yang melayani penumpang jurusan dari Stasiun Lempuyangan Yogyakarta ke Stasiun Jakarta Pasar Senen. KA Taksaka Pagi eksekutif dan KA Taksaka Malam mampu menampung penumpang sebanyak 400 orang, sementara itu KA Mataram Premium mempunyai kapasitas mencapai 800 seat atau tempat duduk.

“Kondisi interior dan fasilitas di kereta baru tersebut cukup bagus, khususnya di kereta eksekutif yang sudah dilengkapi dengan kursi yang lebih nyaman dan bisa diatur sesuai keinginan penumpang, serta dilengkapi televisi yang menggantung di langit-langit. Suasana di dalam pun lebih senyap,” beber Eko.

Sementara itu pada masa angkutan Lebaran 2018, PT KAI Daop 6 Yogyakarta akan mengoperasikan 5 kereta api tambahan, antara lain KA Argo Lawu, Argo Dwipangga, Taksaka, Sancaka dan Lodaya. Dengan dioperasikannya kereta api tambahan di wilayah Daop 6 Yogyakarta otomatis akan menambah kapasitas penumpang yang dapat diangkut menjadi sekitar 9.400 orang per hari. Dengan demikian, jumlah kapasitas tempat duduk keseluruhan yang disediakan PT KAI Daop 6 Yogyakarta setiap harinya mencapai 20.000, apabila ditambah dengan kereta api reguler.

tambahan untuk keperluan mudik Lebaran 2018 akan dijual mulai tanggal 16 April 2018 depan mulai pukul 00.00 WIB. “Diperkirakan, akan ada kenaikan jumlah penumpang sekitar empat persen dibanding tahun lalu,” tutup Eko.