PT KAI Daop 7 Madiun Peringati Bulan K3 Nasional

PT KAI Daop 7 Madiun Peringati Bulan K3 Nasional - (jatim.antaranews.com)
PT KAI Daop 7 Madiun Peringati Bulan K3 Nasional - (jatim.antaranews.com)

– PT Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun mengajak seluruh insan di lembaga setempat untuk meningkatkan budaya dalam bekerja bertepatan dengan peringatan Bulan Keselamatan dan Kerja (K3) Nasional ke-53 tahun 2023.

“Seluruh insan KAI agar patuh terhadap budaya keselamatan kerja. Itu menjadi prioritas utama,” kata Vice Presiden Daop 7 Madiun Dominicus Agung W.P di Madiun, Rabu (8/2), seperti dilansir dari Antara. Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2023 sendiri mengusung tema Proaktif dan Kolaboratif Mewujudkan Lingkungan Kerja dan Perkeretaapian Yang Sehat, Aman, dan Selamat Untuk Keberlangsungan Perkeretaapian dan Usaha Penunjangnya.

Lebih lanjut Agung menuturkan, lewat momen ini PT KAI sebagai yang bergerak dalam bidang jasa akan terus meningkatkan komitmen dari seluruh pekerja KAI dalam hal kedisiplinan. “Serta konsistensi dalam menjaga serta mengutamakan keselamatan, baik dirinya maupun orang yang bekerja di sekitarnya,” papar Agung.

Sementara itu, Manager Humas Daop 7 Madiun Supriyanto mengatakan bahwa peringatan bulan K3 tersebut menjadi momentum bagi para pekerja PT KAI untuk mengingatkan akan pentingnya pemahaman mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), sehingga bisa tercipta tempat kerja yang aman, efisien, dan produktif.

Dalam mewujudkan budaya keselamatan dan keamanan kerja, PT KAI juga terus melakukan pemeriksaan kondisi sarana dan prasarana secara rutin, serta secara proaktif memeriksa titik rawan bencana dan potensi bahaya. “Sehingga seluruh pekerja yang berada pada lokasi tersebut bekerja dalam keadaan aman,” papar Supriyanto.

PT KAI pun aktif meningkatkan komitmen seluruh pihak supaya bersama-sama berkolaborasi dalam meningkatkan keselamatan, khususnya di perlintasan sebidang kereta api. Semua pemangku kepentingan, baik dari kementerian/lembaga, pemerintah pusat dan daerah, asosiasi, serikat pekerja/serikat buruh, swasta, perguruan tinggi, dan media bahkan masyarakat luas, juga diajak untuk selalu mengutamakan keselamatan dirinya saat berada di dan perlintasan sebidang KA.

“KAI Daop 7 Madiun juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah mendukung dan berperan serta aktif dalam menjaga keselamatan kereta api,” jelas Supriyanto.

Di akhir kegiatan apel bulan K3 turut dilaksanakan simulasi penanganan pekerja yang mengalami kecelakaan ketika menjalankan tugas. Ditampilkan tindakan penanganan yang harus dilakukan oleh masing-masing pekerja dan orang di sekitarnya saat menghadapi teman pekerja yang mengalami kecelakaan kerja. Mulai dari pemberian pertolongan pertama, melapor pada pihak yang mampu menangani kondisi kritis, hingga membawa korban ke kesehatan terdekat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*