KAI Daop 8 Surabaya Bakal Tambah 2 Kereta Relasi Yogyakarta & Jakarta

Gatut Sutiyatmoko, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya - jateng.tribunnews.com
Gatut Sutiyatmoko, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya - jateng.tribunnews.com

Surabaya – PT Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya akan menambah 2 KA baru tahun 2018, khususnya pada dan . Rencana penambahan ini dilakukan karena kereta relasi Jogja dan dari wilayah Daop 8 Surabaya, terutama pada kelas premium ternyata cukup padat.

Menurut Senior Manager Angkutan PT KAI Daop 8 Surabaya, Raden Agus Dwinanto Budiadji, penambahan 2 KA ini telah diajukan oleh PT KAI Daop 8 Surabaya ke KAI pusat dan rencananya gerbong kereta baru didatangkan pada pertengahan tahun 2018 mendatang. Dengan keberadaan 2 kereta baru tersebut diharapkan bisa mengisi relasi jam yang kosong di wilayah Daop 8 Surabaya, terutama pada pagi sampai siang hari untuk kedua jurusan tersebut.

“Pagi tidak ada kelas premium hanya ada kelas , dan penambahan dua KA baru ini akan mengisi jam kosong tersebut,” papar Agus.

Sedangkan Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko mengatakan jika pihaknya masih belum mengatur ulang skema perjalanan jika kedua kereta baru tersebut tiba. Adapun jumlah perjalanan KA di Daop 8 Surabaya kini telah mencapai 80 perjalanan pada kelas ekonomi dan premium, relasi ke Yogyakarta dari di wilayah Daop 8 Surabaya berjumlah 6 perjalanan di sore dan malam hari, dan 10 perjalanan untuk relasi Surabaya-Jakarta.

“Dengan adanya dua KA baru nanti diharapkan adanya perjalanan tambahan, namun bisa saja perjalanan beberapa KA nanti dihapus dan diganti KA baru, artinya tidak ada tambahan hanya pembaruan KA,” tuturnya.

Seiring dengan upaya PT KAI untuk meningkatkan pelayanan terhadap para pengguna jasa, PT KAI Daop 8 Surabaya pun memberikan kopi gratis untuk para di berbagai stasiun. “Promosi ini akan dilakukan selama dua hari, yakni Selasa (30/1) hingga Rabu (31/1) dan turut dihadiri para barista lokal profesional. Untuk Daop Surabaya akan menyuguhkan kopi gratis bagi 100 pertama yang dapat menunjukkan KAI Access generasi terbaru yang sudah terinstall dan terdaftar di gawainya,” ucap Gatut.

Di wilayah Daop 8 Surabaya, promosi ini digelar di 13 stasiun, antara lain Stasiun Gambir, Pasarsenen, Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang Tawang, Purwokerto, Tugu Yogyakarta, Solo Balapan. “Untuk di wilayah Daop 8 Surabaya antara lain di Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang dan Jember. Total saat kegiatan ‘Ngopi Bareng KAI’ kami bagikan 50.000 cup kopi asli Indonesia gratis,” tandasnya.