KAI Daop III Cirebon Operasikan Rail Clinic & Rail Library di Stasiun Babakan

Apriyono, Direktur SDM & Umum PT KAI - kai.id
Apriyono, Direktur SDM & Umum PT KAI - kai.id

Cirebon – PT Indonesia (KAI) Daop III Cirebon menyulap kereta api biasa menjadi perpustakaan dengan yang lengkap dan gratis. Kereta tersebut dirangkaikan dengan gerbong Rail Clinic yang menjadi gratis di seluruh kota yang ada di Pulau Jawa. KAI Daop III Cirebon menyediakan tersebut di Babakan, Kabupaten Cirebon, pada Kamis (16/11) lalu.

Apabila dilihat sepintas dari luar, kereta api tersebut memang tidak jauh berbeda dari kereta pada umumnya. Akan tetapi ketika masuk ke dalam gerbong, suasana yang ditawarkan benar-benar berbeda. Gerbong tersebut dilengkapi dengan ratusan buku. menamainya dengan Rail Library atau kereta perpustakaan.

Menurut Direktur SDM & Umum PT KAI Apriyono, terdapat lebih dari 500 buku di dalam gerbong Rail Library. Selain itu, gerbong kereta ini juga telah dilengkapi 6 unit komputer yang terhubung dengan koneksi internet. Yang lebih menarik, suasana perpustakaan ini ditunjang dengan tempat duduk dan penyejuk ruangan yang membuat anak-anak dan warga yang berkunjung ke sana menjadi semakin betah.

“Rail Library dan Rail Klinik ini menyatu menjadi satu kereta, terdiri dari empat gerbong kereta. Diharapkan dengan adanya layanan baca dan kesehatan gratis ini akan dapat membantu program pendidikan dan layanan kesehatan bagi masyarakat. Rail Library ini bisa berkeliling dan lansir ke sejumlah stasiun-stasiun di daerah di pulau Jawa,” jelas Apriyono, seperti dilansir Sindonews.

“Dibuatnya Rail Clinic ini juga sebagai salah satu bentuk dari pelaksanaan program CSR PT KAI,” imbuh Apriyono. Secara umum, fasilitas pelayanan kesehatan yang diberikan dalam Rail Clinic adalah pelayanan kesehatan primer atau tingkat pertama yang mencakup pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan kesehatan mata, apotek, dan penyuluhan kesehatan.

Rail Clinic yang dioperasikan di Stasiun Babakan Cirebon ini sendiri adalah Rail Clinic generasi keempat. Rail Clinic generasi ke-4 ini disebut-sebut memiliki fasilitas yang lebih lengkap dari sebelumnya karena terdiri dari 4 unit kereta, yakni 2 kereta untuk kesehatan dan 2 kereta pustaka.

Tak hanya menyediakan layanan kesehatan primer, 2 kereta kesehatan tersebut juga memiliki fasilitas laboratorium hematology analyzer sysmex berbasis komputer yang berguna untuk mengukur sampel darah serta membantu mendiagnosis penyakit seperti kanker dan diabetes.

“Semoga layanan Rail Clinic dan Rail Library ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan minat baca masyarakat. Selain itu juga membuat masyarakat semakin mencintai kereta api dan lebih peduli terhadap keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api,” tandas VP PT KAI Daop 3 Cirebon, Rusi Haryono.