KAI Daop IV Semarang Operasikan KA Kelas Ekonomi Rasa Eksekutif

Salatiga (KAI) mengoperasikan 2 rangkaian kelas pada Selasa (7/2) lalu. Kereta kelas tersebut telah mengalami peremajaan, sehingga sensasinya pun seperti naik kereta kelas .

Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang, Edy Koeswoyo menuturkan bahwa rangkaian kereta baru kelas Ekonomi New Image tersebut bertugas untuk menggantikan rangkaian kereta kelas ekonomi yang lama. “Dua kereta tersebut adalah KA Kaligung relasi Semarang Poncol – Tegal PP dan KA Ambarawa Ekspress relasi Semarang Poncol – Surabaya Pasar Turi PP,” jelas Edy.

Penggantian kereta lama tersebut dilakukan demi memberikan kenyamanan untuk para dan meningkatkan minat masyarakat untuk beralih ke moda kereta api. “Taglinenya adalah Ekonomi New Image. Penumpang di kedua KA tersebut kami jamin akan merasakan kenyamanan yang nyaris sama dengan penumpang KA di kelas eksekutif. Ada cukup banyak perubahan yang kami berikan di kedua KA itu,” paparnya.

Perubahan kereta Ekonomi New Image antara lain interior yang sudah sama seperti KA eksekutif, kemudian kabin bagasi penumpang yang saat ini dirancang mirip bagasi pesawat, serta AC yang sudah tersentralisasi.

“Setiap , telah dilengkapi fasilitas televisi LED sebanyak 2 unit yang ditempatkan di bagian tengah. Di sepanjang perjalanan, penumpang akan disuguhkan berbagai film box office dan tentunya pula siaran milik KA TV. Untuk tempat duduk penumpang, kami terapkan konfigurasi seat 2-2 yang telah dilengkapi pula stop kontak listrik,” jelas Edy.

Perubahan lain ada pada bentuk kuris yang saat ini mirip sofa dengan sudut sandaran yang dapat diatur sendiri oleh penumpang. Jumlah seat pun kini dikurangi, dari yang sebelumnya berjumlah 106 orang per gerbong, kini hanya 80 orang per gerbong.

“Seluruh fasilitas yang kami berikan di KA Ekonomi New Image tersebut, tujuan utamanya adalah untuk mengutamakan kenyamanan setiap penumpang. Untuk merasakan kemewahan fasilitas di kedua KA itu, tidak ada kenaikan tarif. Artinya, untuk masih sama seperti sebelumnya,” kata Edy.

Misalnya saja untuk perjalanan dari Semarang Poncol ke Tegal harga tiketnya hanya Rp 50.000 per orang, dan dari Semarang Poncol ke Surabaya Pasar Turi Rp 80.000 per orang, demikian sebaliknya.

“Dari perubahan tampilan serta fasilitas tersebut, jadi total sudah ada tiga rangkaian KA sebagai KA Kelas Ekonomi New Image. Sebelum dua KA itu dioperasionalkan, pada 31 Januari 2017, kami juga mengoperasionalkan di KA Menoreh relasi Semarang Tawang-Pasar Senen PP. Silakan dicoba dan dibuktikan sendiri. Kami jamin, siapapun akan ketagihan,” tandasnya.