KAI Daop IV Semarang Tambah 2 Rute Kereta Api Baru Relasi Bandung & Surabaya

Stasiun Tawang Semrang
Stasiun Tawang Semrang

(KAI) Daerah Operasi (Daop) IV Semarang akan menambah 2 rute perjalanan baru kereta api untuk dan .

“Untuk relasi Semarang-Bandung, rencananya dilayani oleh KA Ciremai yang selama ini melayani rute Bandung-Cirebon PP,” ujar Kepala Humas PT KAI Semarang, Edy Kuswoyo di Semarang.

Relasi baru Semarang-Bandung PP tersebut adalah perpanjangan dari rute KA Ciremai. Pasalnya penumpang yang akan melakukan perjalanan di rute tersebut cuma dilayani oleh . Selain itu tingkat okupansi penumpang selama ini juga cukup tinggi, yaitu sekitar 60-80%, terutama di hari libur atau akhir pekan dapat menginjak hingga 100%.

“Makanya, diperlukan adanya KA tambahan atau penambahan jadwal . KA Ciremai nanti terdiri dari delapan gerbong, yakni empat gerbong eksekutif dan empat gerbong bisnis,” papar Edy.

Rute tambahan tersebut memuat kapasitas sebanyak 448 penumpang yang diprediksi memiliki tingkat okupansi tinggi seperti halnya KA Harina yang selama ini telah .

Sedangkan untuk relasi Semarang-Surabaya selama ini hanya dilayani oleh KA Maharani. Padahal Surabaya menjadi jurusan yang cukup dipadati oleh para penumpang KA. “Tingkat okupansi ke Surabaya (KA Maharani) tinggi, namun hanya dilayani satu KA saja, yakni KA Maharani. Bulan depan, kami akan coba hadirkan KA baru yang melayani Surabaya,” ujarnya.

Tetapi pihak KAI masih belum menentukan nama KA kelas ekonomi yang akan melayani rute Semarang-Surabaya PP selain KA Maharani dengan kapasitas hingga 800 kursi.

“Ya, memang okupansi KA Maharani cukup tinggi sehingga perlu adanya penambahan jadwal baru (Semarang-Surabaya) sehingga masyarakat memiliki pilihan beragam untuk bepergian,” ujarnya.

Penambahan jadwal dan rute KA ke Bandung dan Surabaya tersebut menurut Manajer Komersial Semarang, Agus Budi adalah salah satu langkah KAI untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas di jalan raya.

“Tentunya, masyarakat yang akan menggunakan KA semakin memiliki banyak pilihan. Target okupansi (untuk kedua KA baru tersebut) sekitar 60 persen dari kapasitas,” tandasnya.

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.